Kompas.com - 07/02/2022, 10:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Transformasi All New Xenia yang dilakukan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), patut diacungi jempol. Tak hanya desain, semua sektor mengalami perubahan total yang sangat drastis, termasuk platformnya.

Tak heran Daihatsu mengusung tagline "Next Level" untuk generasi ketiga dari MPV sejuta umatnya ini, karena bila dibandingkan dengan model terakhir, sangat frontal perubahannya.

Nah, buat yang penasaran soal rombakannya, redaksi bahas dari sisi desain atau visual eksterior lebih dulu sebelum mengupas interior, performa, sampai fitur-fiturnya.

Baca juga: Risiko Kebiasaan Isi BBM Tidak Sampai Penuh

Melihat tongkrongan All New Xenia saat ini bisa dibilang lebih berkelas, bahkan secara style cukup kompetitif dengan saudara kembarnya, yakni All New Avanza.

Daihatsu All New XeniaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu All New Xenia

Tak ada lagi kesan monoton seperti generasi sebelumnya. Visual tampak depan dibuat futuristik dengan desain yang serba sleek, baik dari lekukan kap mesin, sampai lampu utama yang mengusung LED.

Beda dengan kembarannya yang mengaplikasi bumper serta gril besar, Xenia justru berusaha tampil lebih sporty. Salah satunya diwujudkan dengan lis merah pada fascia depan yang menopang konsep dual grill-nya.

Masuk ke bagian samping, sebenarnya tak beda jauh dengan saudaranya. Spion sudah menyatu dengan pintu, tapi di bagian bawahnya, untuk Xenia tipe tertinggi yang redaksi jajal, terdapat kamera sebagai fitur 360 degrees around view monitor yang tak dimiliki Avanza.

Daihatsu All New XeniaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu All New Xenia

Sementara untuk menunjang tampilan baru, kaki-kaki juga disegarkan melalui pelek 16 inci dengan desain baru yang juga diklaim mempengaruhi jarak ground clearance sekitar 5 mm lebih jenjang dari model sebelumnya.

Platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) serta berubahnya sistem gerak roda dari belakang ke depan, memberikan pengaruh pada perubahan dimensi dibandingkan generasi sebelumnya.

Baca juga: Bedah Fitur TSS All New Avanza yang Masih Tanggung

All New Xenia lebih panjang sekitar 205 mm, lebarnya bertambah 70 mm, dan tinggi terkerek 5 mm. Dengan berubahnya dimensi, otomatis interior MPV murah 7 penumpang ini pun makin lapang.

Daihatsu All New XeniaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Daihatsu All New Xenia

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.