Budget Tim WithU Yamaha RNF MotoGP 2022 Lebih Besar dari Tahun Lalu

Kompas.com - 18/01/2022, 15:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - WithU Yamaha RNF MotoGP Team yang musim lalu bernama Petronas Yamaha SRT harus mulai dari awal lagi di MotoGP 2022 setelah ditinggal Petronas.

Kehilangan sponsor besar rupaya tak membuat anggaran tim asal Malaysia itu terpengaruh dalam. Musim ini budget tim dipatok antara 11 juta -13 juta Euro atau setara Rp 179 miliar - Rp 212 miliar.

Untuk diketahui musim lalu bersama Petronas, tim Sepang Racing Team (SRT) mendapat kucuran dana di bawah 10 juta Euro untuk tiga kelas MotoGP, Moto2 dan Moto3, ditambah subsidi dari Dorna Sports sekitar 2,5 juta Euro.

“Membangun tim MotoGP kedua Anda tidak menyenangkan! Ini banyak pekerjaan, terutama ketika kami memulai perencanaan untuk tim ini hanya pada bulan September-Oktober,” kata Razali kepada Crash.net, Selasa (18/1/2022).

Baca juga: Adu Spesifikasi TVS Ntorq 125 dan Yamaha Fazzio Hybrid

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta dan Team Principal RNF Racing Razlan RazaliDok. Bikesrepublic.com CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta dan Team Principal RNF Racing Razlan Razali

"Ini adalah tantangan untuk menarik sponsor besar. Tapi kami terus berjalan dan karena itu Anda melihat semua orang baru ini masuk, itu bagus," ungkapnya.

Razlan tak menampik bahwa musim 2022 akan jadi musim yang berat buat tim. Meski demikian ada optimisme yang muncul sebab hal baru baik sposor, kru dan pembalap, artinya kesempatan baru.

“Tahun pertama selalu yang paling sulit dan menantang menurut saya, jadi kami harus memastikan kami melewatinya dengan baik, aman secara finansial, memberikan kepercayaan tidak hanya kepada sponsor tetapi juga anggota tim," katanya.

“Pada saat yang sama, kami akan menggunakan tahun ini untuk membangun 3-5 tahun ke depan. Ini semua tentang membangun kembali dan rebranding. Semuanya dari awal tetapi kami juga memiliki pengalaman dari tiga tahun terakhir," katanya.

Baca juga: Awas, Ada Pengalihan Arus Lalu Lintas di Tol Padaleunyi

Tim Petronas SRT akan menjalani rebranding menjadi tim RNF MotoGP untuk MotoGP 2022 dengan diperkuat Andrea Dovizioso dan rider yang kini membalap di Moto3, Darryn Bynder.MOTOGP Tim Petronas SRT akan menjalani rebranding menjadi tim RNF MotoGP untuk MotoGP 2022 dengan diperkuat Andrea Dovizioso dan rider yang kini membalap di Moto3, Darryn Bynder.

Razlan mengatakan dia tetap optimistis dapat menjalan tim dengan baik. Sebab setelah WithU akan ada beberapa sponsor potensial lain.

"Tentu saja, perbedaan antara sekarang dan sebelumnya adalah bahwa kami memiliki sponsor besar (Petronas). Tetapi kami mendapat WithU. Jika kami tidak dapat WithU, itu akan sangat bermasalah, tetapi WithU adalah yang pertama naik setelah Petronas," katanya.

"Kemudian perlahan-lahan sponsor saat ini melanjutkan dengan Barracuda, Green Power dan kemudian kami mengumumkan WRS, perusahaan kaca depan, dan kemudian perlahan-lahan kami mengumumkan semua orang lainnya," katanya.

"Minggu ini kami berharap untuk mengumumkan dua lagi, sebelum peluncuran tim minggu depan," ungkap Razlan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Crash.net
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.