Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agya Tertusuk Pagar Pembatas Jalan, Ingat Fungsi Penting Crash Cushion

Kompas.com - 18/01/2022, 13:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Satu unit mobil mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Wonosobo-Banjarnegara, tepatnya di Desa Gembongan, Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Senin (17/1/2022).

Dalam unggahan akun Instagram @banjarnegaraterkini, Senin, terlihat mobil Toyota Agya berkelir putih menabrak ujung pagar pembatas di tepi jalan. Akibatnya, mobil tertusuk pagar hingga ujung pagar menembus bagian belakang mobil.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal tersebut. Pengemudi yang sendirian di dalam mobil hanya mengalami luka ringan.

Baca juga: Skutik Retro Yamaha Fazzio Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 21 Jutaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Banjarnegara Terkini (@banjarnegaraterkini)

Kecelakaan hingga membuat kendaraan dalam posisi seperti disate pagar pembatas jalan disebabkan belum adanya instalasi crash cushion alias peredam tumbuk di tiap ujung pagar pembatas.

Crash cushion sendiri kerap terlihat di pagar pembatas jalan baik tol maupun jalan arteri yang dinilai rawan kecelakaan. Bentuknya berupa perangkat tumpul yang diberi warna kuning terang.

Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan menjelaskan, KNKT merekomendasikan penggunaan crash cushion di jalanan Indonesia dilatarbelakangi kasus kecelakaan mobil saat Lebaran 2018 di Ruas Tol Solo-Ngawi.

Baca juga: Kecelakaan Truk di Jalan Tol Layang MBZ, Kenapa Truk Bisa Masuk?

Ilustrasi crash cushion pada ujung pagar pengaman jalan di Tol Solo-Ngawi. Ilustrasi crash cushion pada ujung pagar pengaman jalan di Tol Solo-Ngawi.

"Pada saat investigasi, KNKT mencermati bentuk terminal end guardrail yang berbentuk sirip ikan dan cukup runcing untuk dapat menusuk kendaraan yang menabrak dari depan. Atas hal tersebut diterbitkanlah rekomendasi tersebut (crash cushion)," kata Wildan kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, bahaya mobil tertusuk pagar pembatas jalan bisa dihilangkan berkat perangkat tersebut.

Oleh sebab itu diharapkan seluruh pengelola jalan baik tol maupun non-tol segera memasang crash cushion di tiap pagar pembatas jalan, demi menekan fatalitas kecelakaan.

Aman Berkendara

Kecelakaan maut di Jalan Tol Kayu Agung ? Palembang ? Betung (Kapal Betung)Sumsel.tribunnews.com Kecelakaan maut di Jalan Tol Kayu Agung ? Palembang ? Betung (Kapal Betung)

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), mengatakan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh pengemudi agar tetap aman ketika berkendara di ruas tol.

Pertama yang harus dilakukan oleh pengemudi yakni mematuhi batas kecepatan pada saat berkendara. Baik kecepatan maksimal maupun kecepatan minimal.

Aturan mengenai batas kecepatan ini tentunya sudah disesuaikan dengan kondisi jalan dan keamanan bagi penggunanya.

Ketentuan kecepatan berkendara di jalan tol diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Diperkuat Pearturan Menteri Perhubungan tentang Tata Cara Penetapan Batas Kendaraan pasal 3 ayat 4 pada pasal 23 ayat 4, disebutkan bahwa batas kecepatan di jalan tol yaitu 60 hingga 100 kilometer per jam, sesuai dengan rambu lalu lintas yang terpasang.

Ilustrasi kursus mengemudi.Kompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi kursus mengemudi.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com