Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Fitur Canggih Toyota All New Land Cruiser

Kompas.com - 14/01/2022, 17:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi baru All New Land Cruiser alias LC300 resmi mengaspal di Indonesia. PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar aktivitas Media Experience All New Land Cruiser dan New Fortuner, di Edutown, BSD, Kamis (13/1/2022).

Pada kesempatan ini, TAM mempersilahkan awak media untuk langsung mencoba SUV premium dari Toyota ini.

Segala ketangguhan dan fitur terkini bakal dibuktikan di test drive track.

Setidaknya ada delapan obstacle yang akan disediakan untuk menguji All New Land Cruiser, yakni speed trap, speed bump, potholes, side wall, wheel crawl, wavy road, sand and rocky road dan flooding tub.

Baca juga: Penglihatan Mulai Membaik, Marc Marquez Mulai Kembali Latihan

Trek tersebut meliputi jalan pasir dan bebatuan, tingkat kemiringan mobil yang mencapai 25 derajat, hingga ada pula kolam air dengan ketinggian mencapai hampir satu ban penuh.

Awal masuk mobil, interior All New Land Cruiser memang terkesan mewah dan sporty berkat warna interior merah dan hitam berbalut penggunaan kulit soft touch. Mobil juga sudah dilengkapi sabuk pengaman tiga titik di baris ke dua.

LC300Kompas.com/ApridaMegaNanda LC300
Tak menunggu lama, mobil bermesin diesel 3.300 cc itu langsung digas begitu aba-aba sudah diberikan.

Jalanan aspal dilibas dengan mulus tanpa ada kesulitan sedikitpun. Bantingan yang muncul akibat jalan yang bergelombang tak begitu terasa, bahkan terbilang halus.

Guncangan yang muncul akibat akselerasi pun dibilang masih dalam batas kewajaran berkat adanya fitur E-KDSS (Electronic Kinetic Dynamic Suspension System).

Raungan mesin 3.300 cc pun tak begitu terdengar dari kabin, karena mobil ini memiliki kekedapan suara yang cukup baik.

Ketangguhan All New Land Cruiser dalam melibas jalanan bebatuan dan berpasir tak terlepas dari fitur canggih yang dimiliki yakni Multi-Terrain Select, Crawl Control dan Turn Assist Function atau lebih dikenal dalam dunia balap off-road bernama cutting brake.

Fitur Multi-Terrain yang dilengkapi dengan mode Dirt, Mud, Sand, dan Deep Snow untuk H4 dan Sand, Mud, dan Rock untuk L4 membuat All New Land Cruiser dapat mengatur traksi badan secara otomatis mengadaptasi mobil sesuai dengan permukaan trek off-road.

LC300Kompas.com/ApridaMegaNanda LC300

Tak hanya itu, pengemudi juga dibantu dengan fitur Crawl Control yang berfungsi menjaga mobil di kecepatan crawling konstan secara otomatis. Sehingga pengemudi cukup fokus pada setir mobil saat melalui permukaan longgar atau licin seperti batu atau pasir.

Ketangkasan All New Fortuner dalam melibas tanjakan juga tak terlepas dari yang dimiliki.

Dibekali dengan mesin 3.300 L V diesel, All New Land Cruiser mampu menghasilkan tenaga 309 Ps atau setara dengan 306 Tk dan torsi 700 Nm yang disalurkan ke transmisi otomatis 10 percepatan.

Baca juga: Simulasi Daihatsu Soal Program Mobil Rakyat

Tidak terasa, mobil sudah kembali ke titik awal. Perjalanan cukup singkat, hanya sekitar 10 menit. Tetapi sudah cukup untuk merasakan impresi pertama All New Toyota Land Cruiser dengan fitur terbaru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com