Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Bodong Ikut Street Race Ancol Tidak Akan Ditilang

Kompas.com - 14/01/2022, 08:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Street Race Ancol digelar oleh Polda Metro Jaya dengan tujuan untuk merangkul para pebalap liar. Maka itu, diberikanlah wadah agar tidak mengganggu lalu lintas.

Tak sedikit motor yang digunakan untuk balap trek lurus atau drag bike ini tidak dilengkapi dengan surat-surat, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Baca juga: Ajang Street Race di Ancol Digelar Tanpa Hadiah

Wakil Ketua Umum Mobilitas Ikatan Motor Indonesia (IMI) Rifat Sungkar, mengatakan, banyak yang tidak memiliki surat-surat karena motornya dibangun dari nol.

Drag bike oleh Pertamax Motorsport.dragbike.id Drag bike oleh Pertamax Motorsport.

"Kenapa motornya dipakai di jalan? Karena mereka tidak punya wadahnya," ujar Rifat, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Mereka semua takut setengah mati, motornya tidak ada suratnya. Saya bilang, saya yang tanggung jawab. Sebab, saya bertugas sekarang untuk bisa membina mereka semua," kata Rifat.

Baca juga: Latihan Street Race di Ancol Bakal Digelar Malam Hari

Namun, perlu diingat, sebaiknya motor yang tidak dilengkapi surat-surat tidak dikendarai di jalan raya. Sebab, itu melanggar aturan lalu lintas.

Disarankan untuk menggunakan angkutan khusus, seperti mobil pikap, untuk membawa motor yang akan digunakan untuk drag bike pada Street Race Ancol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com