Kompas.com - 29/12/2021, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi jalanan di Indonesia beragam, ada yang terang dengan kondisi aspal yang baik namun tidak sedikit yang masih kurang pencahayaannya ketika malam hari.

Kondisi jalanan yang mulus tapi kurang terang pencahayaannya masih banyak ditemui di jalanan lintas provinsi. Selain itu, pengguna jalan di Indonesia masih saja ditemui yang kerap memacu kendaraannya walaupun kondisi jalanan gelap.

Padahal ketika mengemudi atau berkendara, satu hal yang penting demi keselamatan adalah mengenai visibilitas. Ketika pengemudi memiliki visibilitas yang tidak maksimal, bukan berarti tetap memacu kendaraannya pada kecepatan tinggi.

Baca juga: Belajar dari Insiden Spion Mobil Dirusak Paspampres, Ini Kendaraan yang Dapat Prioritas

KECELAKAAN--Kecelakaan lalu lintas melibatkan truk tangki Pertamina, pejalan kaki dan mobil taksi terjadi di simpang lima te'an, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur, Jumat (12/11/2021) malam. Akibatnya, seorang pejalan kaki tewas ditempat.KOMPAS.COM/Dokumentasi Satlantas Polres Madiun Kota KECELAKAAN--Kecelakaan lalu lintas melibatkan truk tangki Pertamina, pejalan kaki dan mobil taksi terjadi di simpang lima te'an, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur, Jumat (12/11/2021) malam. Akibatnya, seorang pejalan kaki tewas ditempat.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, salah satu cara mengemudi yang aman adalah dengan memiliki visibilitas seluas-luasnya. Jadi kalau terbatas visibilitasnya, ada beberapa hal yang dilakukan.

“Dibutuhkan penerangan dari luar, seperti lampu jalan atau kendaraan. Tapi kalau pandangan masih terbatas, maka kecepatan yang diperlambat untuk menyesuaikan kemampuan mata dalam melihat,” ucap Sony kepada Kompas.com, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Dampak Motuba Bila Dipaksa Tenggak BBM Oktan Tinggi

Kecepatan kendaraan diperlambat di sini maksudnya untuk meningkatkan kemampuan pengemudi membaca dan mengantisipasi situasi di depannya. Apalagi ketika kondisinya gelap, ada saja bahaya-bahaya yang tidak terlihat oleh pengendara.

“Enggak ada yang salah dengan kondisi lingkungan yang gelap. Kembali lagi kepada cara pengemudi dalam menentukan kecepatan yang aman,” kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.