Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat 10 Kawasan Crowd Free Night di Jakarta Saat Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 23/12/2021, 15:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Guna membatasi kerumunan dan mencegah penyebaran virus Covid-19 pada saat Natal 2021 dan Tahun Baru (2022), Polisi akan menggelar Operasi Lilin Jaya 2021.

Dalam operasi yang mulai digelar pada hari ini, Kamis (23/12/2021), polisi memastikan tak ada penyekatan mobilitas kendaraan saat libur Nataru. Namun, pihaknya akan mendirikan pos-pos pelayanan di tempat-tempat keramaian.

“Kami tegaskan bahwa selama Operasi Lilin Jaya 2021, tidak ada penyekatan. Kita akan membuat pos-pos pelayanan di titik-titik pusat keramaian, mulai mal, gereja, dan sebagainya,” ucap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Kamis (23/12/2021).

Baca juga: Tekan Kecelakaan, Polisi Siapkan Pelatihan Sopir Bus Transjakarta

Sejumlah kebijakan juga telah disiapkan Polda Metro Jaya dalam mengantisipasi mobilitas warga pada malam tahun baru. Salah satunya menerapkan crowd free night mulai pukul 22.00 WIB pada 31 Desember 2021.

“Khusus untuk pengamanan pada malam tahun baru akan dilaksanakan crowd free night atau penutupan kawasan di 10 kawasan,” ucap Sambodo.

Petugas kepolisian berjaga saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan)  dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan  Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Petugas kepolisian berjaga saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan) dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.

Sepuluh kawasan itu nantinya bakal ditutup mulai pukul 22.00 WIB. Nantinya lokasi itu akan disterilisasi hingga Sabtu (1/1/2022) pukul 04.00 WIB.

“Sepuluh kawasan termasuk Monas, jadi Medan Merdeka semuanya, dari barat, selatan, utara, dan timur semuanya kita tutup,” kata dia.

Baca juga: Toyota Fokus Menuju 2050 Tanpa Emisi

Berikut 10 kawasan diterapkan crowd free night pada 31 Desember 2021:
– Sudirman-Thamrin
– Kemang
– Bulungan Barito
– Senopati, Gunawarman, SCBD
– Asia Afrika
– Kota Tua
– Banjir Kanal Timur
– Kemayoran
– Kelapa Gading
– Monas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com