Syarat Kendaraan Boleh Melintas di Kawasan Malioboro Saat Malam Tahun Baru 2022

Kompas.com - 23/12/2021, 12:42 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kebijakan bebas kendaraan di wilayah Malioboro saat malam tahun baru 2022 ditiadakan. Mobil dan sepeda motor boleh melintas tetapi dengan mentaati beberapa ketentuan.

Kapolresta Jogja, Kombes Pol Purwadi Wahyu Anggoro menyatakan, salah satu syarat yang ditetapkan ialah pengendara harus patuh pada rekayasa lalu lintas guna meminimalkan penumpukkan masyarakat.

Kemudian, kendaraan yang melintas dilarang berhenti guna mencegah terjadinya antrean dan penumpukkan kendaraan hingga menyebabkan kemacetan.

Baca juga: Penjualan Motor Dalam Negeri Meningkat Jelang Akhir Tahun

Suasana Malioboro Yogyakarta, Senin (22/11/2021).Kompas.com/Nur Fitriatus Shalihah Suasana Malioboro Yogyakarta, Senin (22/11/2021).

“Kalau biasanya Malioboro tutup bagi kendaraan bermotor pada pukul 18.00-21.00, pada 31 Desember malam nanti tidak akan ada penutupan. Mulai dari Tugu sampai Nol KM,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (22/12/2021).

”Tidak ada naik turun penumpang. Karena sekali saja berhenti pasti akan langsung menumpuk panjang,” kata dia.

Menurutnya, fenomena macet di kawasan Malioboro utamanya disebabkan oleh para ojek online (ojol) dan taksi online yang kerap menurunkan dan menaikkan penumpang di seputaran Malioboro Mal.

Hal tersebut bisa dilihat dari kepadatan jalan yang relatif lengang ketika pengendara melaju ke arah selatan setelah area Malioboro Mal.

”Kalau ke selatan depan Hotel Mutiara atau Kepatihan silahkan, karena titik macetnya pasti di sana,” kata dia.

Baca juga: Kerap Pengemudi Angkutan Umum Abai Bahaya di Jalan

suasana lalu lintas malioboro padat pada hari Sabtu (25/9/2021)KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO suasana lalu lintas malioboro padat pada hari Sabtu (25/9/2021)

Adapun penerapan rekayasa lalu lintasnya, akan diterapkan di area Jalan Mataram menuju Malioboro dan Jalan Abubakar Ali menuju Malioboro.

Persilangan Jalan di area gardu anim nantinya bakal disekat untuk menghindari kemacetan. Pengendara hanya bisa masuk ke Jalan Malioboro melalui Jalan Mataram saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.