Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Penyekatan, Kemenhub Siapkan Skenario Tes Acak Antigen

Kompas.com - 20/12/2021, 17:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Adita Irawati, Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan tak ada penyekatan selama momen libur Natal dan tahun baru.

"Dalam pengaturan dan pengendalian transportasi kali ini, perlu kami tegaskan tidak ada penyekatan, yang ada adalah pengetatan protokol kesehatan di semua prasarana dan sarana transportasi," kata Adita dalam siaran resminya secara virtual, Senin (20/12/2021).

Menurut Adita, aturan terkait perjalanan jarak jauh dengan menggunakan semua moda transportasi sudah di terbitkan melalui empat Surat Edaran (SE) yang merujuk pada SE Satgas Covid dan Instruksi Menteri Dalam Negeri.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Ganjil Genap Berlaku di Kawasan Puncak

Selain aturan umum seperti vaksin, hasil tes negatif, serta syarat perjalanan bagi anak di bawah 12 tahun, Kemenhub juga akan melakukan pembatasan penumpang di semua moda transportasi.

Ilustrasi penyekatan di jalan tol Jakarta-CikampekDok. Jasa Marga Ilustrasi penyekatan di jalan tol Jakarta-Cikampek

"Ada ketentuan pembatasan penumpang di semua moda transportasi. Untuk transportasi darat, nantinya akan diatur sesuai level PPKM dan juga jenis transportasinya," ujar Adita.

Lebih lanjut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan, untuk sektor darat, pengaturan pembatasan penumpang sampai saat ini masih 75 persen dari kapasitas penuh.

Baca juga: Ini Aturan dan Syarat Perjalanan Darat Terbaru Selama Libur Nataru

Terkait soal pengetatan protokol kesehatan, Budi menjelaskan kemungkinan akan ada pemeriksaan secara acak pada pelaku perjalanan darat di beberapa lokasi.

Polres Purbalingga membuka layanan tanpa turun (lantatur) atau drive thru rapid tes antigen gratis di tugu perbatasan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (19/5/2021).KOMPAS.COM/Dok Humas Polres Purbalingga Polres Purbalingga membuka layanan tanpa turun (lantatur) atau drive thru rapid tes antigen gratis di tugu perbatasan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (19/5/2021).

"Ada potensi pengambilan random sampling yang akan kami siapkan di rest area, jembatan timbang, atau tempat lain untuk pegetesan kepada pelaku perjalanan dengan antigen dan vaksin secara gratis," ucap Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com