Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Max Verstappen Akhirnya Jadi Juara Baru Formula 1

Kompas.com - 13/12/2021, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Max Verstappen akhirnya berhasil mematahkan dominasi Lewis Hamilton di Formula 1 (F1). Pebalap Red Bull Racing tersebut berhasil meraih juara dunia.

Verstappen menjadi juara dunia setelah berhasil memenangi balapan dramatis pada seri terakhir di GP Abu Dhabi yang digelar di Sirkuit Yas Marina, Minggu (12/12/2021).

Kemenangan Max Verstappen sempat menuai kontroversi. Bahkan, tim Mercedes dari Hamilton pun sempat mengajukan protes meskipun pada akhirnya protes tersebut ditolak.

Ketika Nicholas Latifi dari tim Williams mengalami crash, tidak lama kemudian masuk Safety Car ke lintasan. Verstappen memutuskan untuk masuk ke pit stop dan mengganti ban soft.

Baca juga: IMI Akan Bangun Sirkuit Formula 1 di Pulau Bintan

Sementara Hamilton tetap bertahan dengan ban hard yang sudah digunakannya sejak lap ke-15. Hingga lap ke-57, Safety Car masih berada di lintasan seiring para petugas membersihkan sisa-sisa kecelakaan.

Persaingan sengit antara Lewis Hamilton dengan Max Verstappen pada lap terakhir GP Abu Dhabi 2021. (Photo by Giuseppe CACACE / AFP)GIUSEPPE CACACE Persaingan sengit antara Lewis Hamilton dengan Max Verstappen pada lap terakhir GP Abu Dhabi 2021. (Photo by Giuseppe CACACE / AFP)

Kondisi ini merugikan Verstappen, karena selama Safety Car berada di lintasan, pebalap dilarang menyalip. Jelang akhir lap ke-57, bendera hijau dikibarkan setelah Safety Car keluar dari lintasan.

Sebelumnya, Verstappen diizinkan melewati mobil-mobil yang berada di depannya untuk menempati posisi di belakang Hamilton langsung. Hal tersebut yang dianggap beberapa pihak sebagai sebuah keputusan kontroversial dari Michael Masi, Race Director FIA.

Baca juga: Bamsoet Sebut Sirkuit Mandalika Mau Dipakai untuk Formula 1

Pada lap terakhir, Verstappen sudah berada tepat di belakang Hamilton. Pebalap Verstappen akhirnya berhasil menyalip Hamilton pada tikungan 5.

Max Verstappen berhasil jadi juara dunia Formula 1 (F1) 2021. (Photo by ANDREJ ISAKOVIC / AFP)ANDREJ ISAKOVIC Max Verstappen berhasil jadi juara dunia Formula 1 (F1) 2021. (Photo by ANDREJ ISAKOVIC / AFP)

Namun, Hamilton tidak menyerahkan posisi terdepan begitu saja. Verstappen sempat mendapatkan perlawanan sengit. Berkat ban soft yang baru diganti, Verstappen bisa mengasapi Hamilton dan terus memimpin hingga lewati garis finis.

Verstappen pun berhasil mematahkan dominasi Hamilton yang menjadi juara dunia berturut-turut sejak 2017. Sementara Verstappen, akhirnya menjadi juara sejak debut pada 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com