Salin Artikel

Kronologi Max Verstappen Akhirnya Jadi Juara Baru Formula 1

JAKARTA, KOMPAS.com - Max Verstappen akhirnya berhasil mematahkan dominasi Lewis Hamilton di Formula 1 (F1). Pebalap Red Bull Racing tersebut berhasil meraih juara dunia.

Verstappen menjadi juara dunia setelah berhasil memenangi balapan dramatis pada seri terakhir di GP Abu Dhabi yang digelar di Sirkuit Yas Marina, Minggu (12/12/2021).

Kemenangan Max Verstappen sempat menuai kontroversi. Bahkan, tim Mercedes dari Hamilton pun sempat mengajukan protes meskipun pada akhirnya protes tersebut ditolak.

Ketika Nicholas Latifi dari tim Williams mengalami crash, tidak lama kemudian masuk Safety Car ke lintasan. Verstappen memutuskan untuk masuk ke pit stop dan mengganti ban soft.

Sementara Hamilton tetap bertahan dengan ban hard yang sudah digunakannya sejak lap ke-15. Hingga lap ke-57, Safety Car masih berada di lintasan seiring para petugas membersihkan sisa-sisa kecelakaan.

Kondisi ini merugikan Verstappen, karena selama Safety Car berada di lintasan, pebalap dilarang menyalip. Jelang akhir lap ke-57, bendera hijau dikibarkan setelah Safety Car keluar dari lintasan.

Sebelumnya, Verstappen diizinkan melewati mobil-mobil yang berada di depannya untuk menempati posisi di belakang Hamilton langsung. Hal tersebut yang dianggap beberapa pihak sebagai sebuah keputusan kontroversial dari Michael Masi, Race Director FIA.

Pada lap terakhir, Verstappen sudah berada tepat di belakang Hamilton. Pebalap Verstappen akhirnya berhasil menyalip Hamilton pada tikungan 5.

Namun, Hamilton tidak menyerahkan posisi terdepan begitu saja. Verstappen sempat mendapatkan perlawanan sengit. Berkat ban soft yang baru diganti, Verstappen bisa mengasapi Hamilton dan terus memimpin hingga lewati garis finis.

Verstappen pun berhasil mematahkan dominasi Hamilton yang menjadi juara dunia berturut-turut sejak 2017. Sementara Verstappen, akhirnya menjadi juara sejak debut pada 2015.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/13/074200415/kronologi-max-verstappen-akhirnya-jadi-juara-baru-formula-1

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.