IMI Akan Bangun Sirkuit Formula 1 di Pulau Bintan

Kompas.com - 22/10/2021, 15:01 WIB
Pebalap F1 dari tim Racing Poit, Sergio Perez. AFP/DARKO BANDIC Pebalap F1 dari tim Racing Poit, Sergio Perez.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini, Indonesia akan menggelar seri penutup World Superbike (WorldSBK) 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok. Lalu, tahun depan akan dilanjutkan juga dengan MotoGP.

Indonesia kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah dari ajang balap internasional tingkat dunia. Hal ini terwujud juga pastinya tak lepas dari dukungan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Baca juga: Bamsoet Sebut Sirkuit Mandalika Mau Dipakai untuk Formula 1

Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo, mengatakan, jika gelaran MotoGP di Mandalika berjalan dengan sukses, maka tak menutup kemungkinan sirkuit tersebut juga akan dipakai untuk menggelar Formula 1.

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton dalam Grand Prix Formula 1 Emilia Romagna di lintasan balap Autodromo Internazionale Enzo e Dino Ferrari di Imola, Italia, pada 1 November 2020.AFP/MIGUEL MEDINA Pebalap Mercedes Lewis Hamilton dalam Grand Prix Formula 1 Emilia Romagna di lintasan balap Autodromo Internazionale Enzo e Dino Ferrari di Imola, Italia, pada 1 November 2020.

Namun, pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut, mengungkapkan, IMI juga memiliki rencana untuk membangun sirkuit lain untuk menggelar Formula 1.

"IMI sendiri memiliki rencana-rencana besar. Sebentar lagi, akan masuk pada tahap persiapan kita untuk bekerja sama dengan pengelola Pulau Bintan dan investor dari Singapura. Kita akan bangun sirkuit Formula 1 di sana," ujar Bamsoet, di Jakarta, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Pebalap MotoGP Mengeluh Formula 1 Bakal Digelar di Qatar

Untuk diketahui, hingga kini Indonesia belum pernah memiliki kesempatan untuk menjadi tuan rumah ajang balap Formula 1. Namun, belum lama ini sudah ditentukan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah Formula E untuk musim depan, tepatnya pada 4 Juni 2022.

Ajang balap Formula E yang digelar di sekitar Stadion Olimpiade Beijing, China, September 2014.Youtube/Michelin Passion Ajang balap Formula E yang digelar di sekitar Stadion Olimpiade Beijing, China, September 2014.

Sebelumnya, Bamsoet juga berharap Sentul International Circuit, Bogor, juga dapat menggelar MotoGP dan Formula 1. Sirkuit ini memang pernah digunakan untuk menggelar Grand Prix, tepatnya pada 1996 dan 1997.

"Untuk olahraga, Sirkuit Internasional Sentul bisa menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan balap mobil. Berbagai sarana dan prasarananya juga akan kita upgrade sehingga bisa digunakan menjadi tuan rumah Formula 1 (F1) dan juga MotoGP. Sedangkan Sirkuit Internasional Karting Sentul, bisa digunakan menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap motor dan gokart," katanya dalam keterangan resmi, Minggu (10/10/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.