Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda: Jangan Samakan CB150X dengan CB200X

Kompas.com - 16/11/2021, 12:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Honda CB150X resmi meluncur. Motor sport touring adventure itu hadir mengisi celah di kelas pemula, mengincar target penyuka touring dan jalan jauh.

Honda CB150X debut sebagai world premier atau pertama di dunia. Meski secara fisik tampilannya mirip-mirip dengan Honda CB200X yang lebih dulu meluncur di India.

Baca juga: Simulasi Kredit Suzuki Ertiga Sport FF, Angsuran Mulai Rp 5 Jutaan

Honda CB200XFoto: Motorbeam Honda CB200X

Direktur Marketing Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya mengatakan, CB150X dan CB200X sangat berbeda. Baik dari detail fisik sampai dalaman mesin.

"CB200X dan CB150X itu berbeda, di kita liquid cooled di India air colled. Pengembangan motor kita memakai basis 150 (CB150-Series), yang disesuaikan dengan kenyamanan dan fungsionalitasnya untuk touring," kata Thomas belum lama ini.

Secara teknis lanjut Thomas, antara CB150X dan CB150R Streetfire juga berbeda. Mulai dari suspensi atau garpu depan, tampilan, bobot hingga posisi berkendara.

Baca juga: Wacana Perluasan Ganjil Genap di 25 Titik Jalan di Jakarta Belum Putus

Honda CB150XFoto: AHM Honda CB150X

"Sudah beberapa poin, dengan CB secara fork, secara berat, secara tampilan berbeda, karena ada sisi bagian samping depan dan shrouds motor adventure juga," katanya.

"Fork (CB150X) lebih panjang 30 mm, sehingga menunjang untuk long touring. Supaya lebih nyaman, kondisi duduk lebih tegak dan nyaman. Sedangkan di India (CB200X) teknis berbeda," kata Thomas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com