Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Masalah yang Sering Dialami Xpander Model Lawas

Kompas.com - 08/11/2021, 13:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMitsubishi Xpander telah hadir di Indonesia sejak medio 2017. Kala itu, Xpander meluncur lewat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Selama perjalanannya sepanjang empat tahun, Xpander cukup mendapat respon positif dari konsumen. Hal ini tercermin dari penjualannya yang sering menyaingi pemimpin pasar di segmen Low MPV, Toyota Avanza.

Namun demikian, Xpander juga memiliki kekurangan. Paling baru, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melakukan recall atau pemanggilan kembali sejak Juni 2020.

Baca juga: Hasil MotoGP Algarve 2021; Balapan Disetop, Bagnaia Menang

 

Komparasi BBM rute Trans Jawa menggunakan 2 unit Mitsubishi Xpander ATKompasOtomotif - Setyo Adi Komparasi BBM rute Trans Jawa menggunakan 2 unit Mitsubishi Xpander AT

Hal ini terkait masalah pada fuel pump atau pompa bensin, di mana dari hasil investigasi yang dilakukan MMKSI, ditemukan bahwa impeller (baling-baling) di dalam pompa bensin bisa memuai dan berubah bentuk.

Kondisi ini menyebabkan benda tersebut bergesekan dengan bagian di sekitarnya, hingga menyebabkan berhenti berputar. Akibatnya, mesin bisa mati mendadak atau tak bisa dihidupkan.

“Penggantian komponen sampai saat ini progress-nya sudah 71 persen lebih, masih berjalan,” ujar Boediarto, General Manager of After Sales Division MMKSI, pada konferensi virtual (3/8/2021).

Baca juga: Lelang 8 Unit Avanza Veloz Secara Terpisah, Limit Mulai Rp 70 Jutaan

Test Drive Mitsubishi XpanderKOMPAS.com/Dio Test Drive Mitsubishi Xpander

“Sampai saat ini keluhan konsumen yang mengalami hal itu sudah tidak ada. Untuk customer yang belum memeriksakan dan nomor rangkanya terlbat silakan datang ke diler,” kata dia.

Seperti diketahui, sebanyak 139.111 unit Xpander di Indonesia produksi 2017-2019 terkena dampak recall akibat masalah pompa bensin alias fuel pump.

Sementara itu, jika kita kembali ke tahun 2017-2018, juga pernah ada masalah terkait idle up pada mesin dan bocornya sokbreker.

Baca juga: Beredar Video Jalan Tol di Indonesia Tidak Aman, Ini Kata KNKT

Test Drive Mitsubishi XpanderKOMPAS.com/Setyo Adi Test Drive Mitsubishi Xpander

“Kalau kita lihat ke belakang masalah idle up dan sokbreker memang yang paling banyak mencuat,” ucap Dani Bastian, Ketua Umum Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC), kepada Kompas.com belum lama ini.

“Mulai terindikasi pada akhir 2017 sebagai kasus pertama, lalu ternyata mulai bermunculan keluhan yang sama,” ujar Dani.

Mengenai masalah tersebut, kami sempat meminta tanggapan Director of After Sales Service Division MMKSI Eiichiro Hamazaki. Menurutnya, MMKSI tidak melakukan kampanye perbaikan terkait masalah idle-up dan sokbreker.

Baca juga: Pilih Mana, Beli Mobil Tunai atau Kredit? Ini Plus Minusnya

 

Ilustrasi mekanik mengecek mobil di bengkel mitsubishiMMKSI Ilustrasi mekanik mengecek mobil di bengkel mitsubishi

"Konsumen yang menemukan masalah pada kendaraannya terkait dua hal tersebut dapat datang ke diler dan membawa kendaraannya untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," ucap Hamazaki, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

"Shock absorber yang dinyatakan bermasalah akan mendapatkan penggantian sesuai masa garansi kendaraan dan idle-up akan dilakukan remapping ECU oleh diler," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com