Pilih Mana, Beli Mobil Tunai atau Kredit? Ini Plus Minusnya

Kompas.com - 07/11/2021, 14:01 WIB
Ilustrasi membeli mobil istimewaIlustrasi membeli mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah model dan varian mobil baru dikabarkan akan meluncur di Indonesia pada November ini. Ditambah dengan stimulus dari pemerintah berupa diskon PPnBM serta tambahan potongan harga di tiap diler, tentu jadi daya tarik bagi masyarakat yang butuh kendaraan pribadi.

Namun bagi yang ingin membeli sebuah mobil, perlu dipertimbangkan skema pembelian yang hendak diambil. Apakah akan membeli mobil secara tunai, atau mencicilnya alias kredit?

Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000, mengatakan bahwa pertimbangan ini penting untuk dilakukan sebelum memutuskan hendak membeli mobil. Sebab ini berhubungan dengan kemampuan budgeting yang dimiliki.

Baca juga: Merasa Diremehkan, Mantan Bos Jeep Indonesia Tuntut FCA ke Negara Asal

"Pertimbangkan secara bijak sebelum memutuskan untuk membeli mobil secara tunai atau kredit sesuai kemampuan keuangan," ujar Martogi beberapa waktu lalu.

Ferdy Purnama, Director Plaza MINI, Ariefin Makaminan, Vice President Aftersales BMW Group Indonesia, Jodie Otania, Director of Communications, BMW Group Indonesia dan Robert Wardhana, Chairman, PT Plaza Auto Raya saat peresmian diler Plaza MINI di Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (7/10/2021). Plaza MINI Senopati hadir dengan konsep city sales outlet dengan communal space dan lini produk terbaru dari MINI dan juga MINI Lifestyle Collection.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Ferdy Purnama, Director Plaza MINI, Ariefin Makaminan, Vice President Aftersales BMW Group Indonesia, Jodie Otania, Director of Communications, BMW Group Indonesia dan Robert Wardhana, Chairman, PT Plaza Auto Raya saat peresmian diler Plaza MINI di Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (7/10/2021). Plaza MINI Senopati hadir dengan konsep city sales outlet dengan communal space dan lini produk terbaru dari MINI dan juga MINI Lifestyle Collection.

Sebab baik membeli mobil secara tunai maupun kredit memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan kata lain, sama-sama ada aspek untung dan rugi pada kedua metode pembelian tersebut.

Jika membeli mobil secara tunai, maka konsumen tidak perlu lagi dipusingkan dengan cicilan yang harus dibayarkan tiap bulan. Pemilik mobil bisa fokus mengatur budget untuk biaya operasional seperti pembelian BBM, biaya servis, dan pajak tahunan.

Baca juga: Segera Dimulai, Ini 25 Jalan di DKI Jakarta yang Terapkan Ganjil Genap

Selain itu, pembelian secara tunai diklaim lebih hemat. Sebab uang yang dikeluarkan untuk membeli mobil secara tunai tidak ditambah bunga, berbeda dengan skema kredit, sehingga jika ditotalkan bakal lebih murah.

"Termasuk dapat menjualnya (mobil) kembali kapan saja karena tidak ada ikatan perjanjian kredit dengan leasing," kata Martogi menambahkan.

Jaguar Land Rover Indonesia membuka dealer dan service center resmi sementara di Metropolitan Tower, Jakarta Selatan, pada Kamis (21/10/2021).
Jaguar Land Rover Indonesia Jaguar Land Rover Indonesia membuka dealer dan service center resmi sementara di Metropolitan Tower, Jakarta Selatan, pada Kamis (21/10/2021).

Namun kelemahan membeli mobil secara tunai yakni butuh dana besar di awal pembelian. Tidak jarang ditemukan kasus konsumen yang menghabiskan seluruh tabungannya dan terpaksa mengurangi pilihan model mobil akibat keterbatasan dana.

Kredit

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.