Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai 2022, Energica Setop Jadi Pemasok Motor MotoE

Kompas.com - 20/10/2021, 15:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna Sports mengumumkan bahwa Energica Motor Company akan berhenti memasok motor untuk kejuaraan balap motor listrik FIM Enel MotoE usai musim 2022.

Energica menjadi pemasok motor listrik tunggal di MotoE sejak 2019. Pabrikan asal Italia itu menjadi bagian penting perkembangan MotoE dan juga balapan motor listrik di dunia.

Belum ada konfirmasi mengenai kelanjutan MotoE apakah bakal balapan satu merek lagi atau tidak. Diharapkan kepergian Energica bakal membuka babak baru di mana diisi oleh berbagai merek.

Ajang balap motor listrik MotoE di MotoGP. (Photo by Tobias SCHWARZ / AFP)TOBIAS SCHWARZ Ajang balap motor listrik MotoE di MotoGP. (Photo by Tobias SCHWARZ / AFP)

Nicolas Goubert, Direktur Eksekutif MotoE mengatakan, dalam banyak aspek tiga musim pertama MotoE merupakan tantangan dan bukan tugas yang mudah untuk dilakukan.

"Sejak awal, Energica telah membawa pengetahuannya ke trek, memberikan motor yang terbukti sangat kompetitif, menunjukkan kecepatan maksimum yang mengesankan melebihi 260 kpj di Barcelona pada 2021," katanya mengutip MotoGP.com, Rabu (20/10/2021).

Selain performa daya tahan motor patut dipuji. Selama tiga musim kata Nicolas, tidak satu pun dari 18 pebalap mengalami kendala mekanis yang membuatnya tidak finis selama balapan.

Baca juga: Curhat Ayah Rossi Soal Musuh-musuh Anaknya

Motor balap yang akan digunakan pada FIM Enel MotoE World Cup yang akan dimulai musim 2019 mendatang.MotoGP Motor balap yang akan digunakan pada FIM Enel MotoE World Cup yang akan dimulai musim 2019 mendatang.

Livia Cevolini, CEO Energica Motor Company, mengatakan, sangat senang Energica telah memberikan kontribusi yang membuat MotoE sukses seperti sekarang.

"Kami yakin bahwa inisiatif dan upaya kami telah menghasilkan banyak minat dari OEM besar untuk mengikuti jalan yang kami mulai satu dekade lalu," katanya.

"Menjadi pionir mobilitas listrik pada roda dua, kami telah membuka jalan ke strata baru balap sepeda motor yang berkelanjutan dan menarik seperti yang selalu kami lakukan," kata Nicolas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber MotoGP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com