Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Kualifikasi MotoGP AS 2021, Bagnaia Terdepan, Marquez Ketiga

Kompas.com - 03/10/2021, 06:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia tampil luar biasa pada sesi kualifikasi di MotoGP Amerika 2021 di Sirkuit Austin, Texas. Pebalap Ducati ini berhasil mematahkan rekor Marc Marquez.

Bagnaia mencatatkan waktu tercepat, yakni 2 menit 2,781 detik. Dia mematahkan rekor pole position yang diraih Marquez selama sirkuit ini menggelar MotoGP.

Baca juga: Quartararo Sebut Kondisi Sirkuit Austin Sekarang Bukan untuk MotoGP

Nampaknya, persaingan di barisan depan akan terjadi lagi antara Bagnaia dengan Marquez. Ducati dan Honda sangat kompetitif di sirkuit ini.

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Posisi kedua, ada Fabio Quartararo yang juga berhasil mengalahkan Marquez. Namun, Yamaha YZR-M1 masih kalah cepat dari Ducati Desmosedici GP21.

Meski gagal meraih pole position, Marquez tetap bisa start dari barisan terdepan. Hasil ini juga menjadi yang pertama kalinya di musim ini Marquez start dari barisan pertama.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Amerika 2021, Marquez Tercepat, Rossi ke-17

Posisi keempat ditempati oleh Jorge Martin yang sejak awal catatan waktunya sangat dekat dengan Marquez. Urutan kelima, ada pebalap Honda lagi, yakni Takaaki Nakagami.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Johann Zarco berhasil menempatkan dirinya start dari posisi keenam. Di belakangnya, ada Alex Rins di posisi ketujuh. Sementara Joan Mir, hanya sanggup bertahan di posisi kedelapan.

Luca Marini yang sebelumnya harus melalui Q1, sanggup start dari sepuluh besar, tepatnya di posisi kesembilan. disusul Jack Miller posisi kesepuluh.

Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Valentino Rossi saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Valentino Rossi sempat terjatuh saat sesi kualifikasi dan harus puas start dari posisi ke-20. Sedangkan rekan setimnya, Andrea Dovizioso, mengalami peningkatan dan akan start dari posisi ke-14.

Hasil Kualifikasi MotoGP Amerika 2021:
1 Francesco Bagnaia ITA Ducati Team (GP21)
2 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
3 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
4 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP21)
5 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
6 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP21)
7 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
8 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
9 Luca Marini ITA VR46 Avintia Ducati (GP19)
10 Jack Miller AUS Ducati Team (GP21)
11 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
12 Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)
13 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
14 Andrea Dovizioso ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
15 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)
16 Enea Bastianini ITA Avintia Ducati (GP19)
17 Iker Lecuona SPA KTM Tech3 (RC16)
18 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)
19 Aleix Espargaro ITA Aprilia Gresini (RS-GP)
20 Valentino Rossi ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)
21 Danilo Petrucci ITA KTM Tech3 (RC16)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com