Kampus ITS Siap Bikin Motor Listrik, Skuter Maxi dan Scrambler

Kompas.com - 02/10/2021, 18:42 WIB
Motor listrik buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Dok. PDKIMotor listrik buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

JAKARTA, KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Surabaya, Jawa Timur, sedang merencanakan pembuatan motor listrik. Ada dua model yang akan dibuat, yakni skuter dan scrambler.

Hal tersebut diketahui dari desain yang didaftarkan pada Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI). Nama pemegang desain tersebut adalah ITS dengan enam orang sebagai desainernya.

Baca juga: Harga Motor Listrik Lebih Murah 40 Persen dengan Penyeragaman Baterai

Konsep motor listrik pertama adalah Sach I-Durrand Electric Maxi Scooter. Motor ini diharapkan menjadi kendaraan yang ramah bagi lingkungan di masa kini dan masa depan.

Motor listrik buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)Dok. PDKI Motor listrik buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Dalam deskripsinya, dituliskan juga bahwa motor ini memiliki kegunaan sebagai kendaraan commuter dalam kota dan perjalanan luar kota sesuai khas kegunaan maxi-scooter dengan tenaga yang cukup besar beserta dilengkapi kapasitas baterai yang besar.

Sedangkan untuk konsep satunya lagi, diberi nama Ditrix E-Scrambler Platform Battery Electric Motorcycle. Desain ini adalah sepeda motor bertenaga listrik bernama Ditrix yang menggunakan gaya scrambler yang saat ini sedang popular di masyarakat karena lebih menarik untuk dilihat dan dikendarai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Motor Listrik Gesits Rasakan Imbas Pandemi

Disebutkan bahwa motor ini berkonsep fungsi ganda, sebagai motor streetbike untuk penggunaan sehari-hari di jalan aspal perkotaan, dan sebagai motor off-road untuk di jalan bertanah dan petualangan off-road.

Kehadiran kedua motor listrik buatan anak bangsa ini tentu akan memberikan pilihan baru bagi konsumen di Indonesia. Apalagi, motor listrik dengan model maxi scooter dan scrambler masih sangat jarang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.