Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Bengkel Rombak Bodi Jadi Jetbus, Ini Tanggapan Adiputro

Kompas.com - 04/09/2021, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBodi bus dengan nama Jetbus merupakan salah satu produk andalan karoseri Adiputro. Bodi Jetbus kini sudah sampai generasi ketiga, atau biasa disebut dengan Jetbus 3+ Voyager.

Bodi Jetbus ini bisa dibilang paling sering ditemui di jalan raya. Rata-rata PO bus di Indonesia setidaknya pernah memiliki satu bodi Jetbus yang dijadikan sebagai desain andalan.

Selain itu, kini bodi Jetbus kerap dijadikan acuan bagi operator bus yang ingin memperbarui tampilannya atau dikenal dengan rombak bodi atau rebodi. Rombak bodi ini bisa dilakukan oleh berbagai karoseri kecil, tidak harus ke Adiputro.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Toyota Setelah PPnBM 25 Persen Berlaku

Rombak bodi bus jadi jetbusDOK. KAROSERI ANUGRAH BOGOR Rombak bodi bus jadi jetbus

Sudah banyak bengkel karoseri kecil yang bisa merombak bodi bus lama menjadi model Jetbus terbaru. Lalu mengenai peristiwa ini, apa tanggapan dari Adiputro sebagai pemilik desain?

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus karoseri Adiputro mengatakan, dari pihak karoseri tidak bisa menegur atau melarang para operator bus. Mengingat rebodi termasuk ke perbaikan bus, jadi terserah si pemilik ingin melakukannya di mana.

“Ya seperti kita punya mobil yang rusak atau mau cat, kan enggak harus di ATPMnya. Bisa repair ke Adiputro, asalkan bodi asalnya memang dari Adiputro,” ucap Yohan kepada Kompas.com, Jumat (3/9/2021).

Baca juga: Catat, Ini Biaya dan Syarat Perpanjangan SIM C per September 2021

Cuma tentu hasil perbaikan di bengkel karoseri kecil tidak sebaik dari si pembuat bodi aslinya. Jika melakukan perbaikan bodi di Adiputro, kualitas dari hasil pengerjaannya dijamin baik.

“Jaminan kalau repair di Adiputro tentu kembali seperti baru bodinya,” kata Yohan.

Alasan bodi Jetbus sering digunakan untuk rebodi juga karena aksesorinya yang mudah dicari. Namun Yohan mengatakan kalau Adiputro tidak melayani pembelian suku cadang untuk bengkel-bengkel repair bodi bus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com