Korlantas Polri Integrasikan ETLE dengan JRku Milik Jasa Raharja

Kompas.com - 04/09/2021, 07:02 WIB
Kerja sama Korlantas Polri dengan Jasa Raharja integrasikan ETLE dengan JRku, Jumat (3/9/2021) di Bali. Kerja sama Korlantas Polri dengan Jasa Raharja integrasikan ETLE dengan JRku, Jumat (3/9/2021) di Bali.

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri menggulirkan kerja sama dengan PT Jasa Raharja. Kolaborasi yang dilakukan adalah mengintegrasikan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) alias tilang elektronik dengan aplikasi JRku.

Dalam keterangan resminya di Hotel Anvaya, Bali pada Jumat (3/9/2021), Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono menyebutkan kerja sama dalam menghubungkan dua teknologi tersebut diharapkan mampu memudahkan berbagai upaya pelayanan masyarakat.

“Memanfaatkan data ETLE dengan JRku, mudah-mudahan bisa memudahkan pelayanan bagi masyarakat. Terutama informasi tentang masalah lalu lintas, asuransi, sampai dengan tilang,” kata Istiono.

Baca juga: Kabar Terkini Calon Avanza Baru, Meluncur Akhir Tahun dan Pakai FWD

Ilustrasi aplikasi JRku dari Jasa Marga. Ilustrasi aplikasi JRku dari Jasa Marga.

Terkait kerja sama ETLE dengan aplikasi JRku, Istiono menambahkan bahwa integrasi ini nantinya bisa berkaitan dengan layanan persamsatan, pajak, izin perhubungan darat, hingga SIM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jadi, akurasi data juga bagus. Tidak akan ada lagi tembak-tembakan KTP supaya data akurat. Pendaftaran baru harus menggunakan email dan nomor ponsel, agar akurat,” tambahnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa di dalam aplikasi tersebut akan terdapat kemudahan-kemudahan dalam membayar denda tilang yang tertangkap dari kamera ETLE.

Baca juga: Marc Marquez Akhirnya Mengaku Kesulitan Bawa Motor MotoGP

Menurutnya, data ETLE tentunya bisa terintegrasi dengan instansi atau lembaga yang memang memanfaatkan data tersebut untuk akurasi pelayanan publik, yang kaitannya dengan hal tersebut.

Istiono berharap, dengan pemanfaatan aplikasi JRku ini bisa sebagai sarana memberikan informasi terhadap pelanggaran lalu lintas, tilang elektronik, dan sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.