Mengenal Skutik Serba Kotak Yamaha Qbix

Kompas.com - 16/08/2021, 13:41 WIB
Yamaha Qbix Dok. YamahaYamaha Qbix

JAKARTA, KOMPAS.com - Selera konsumen tiap negara bisa berbeda-beda. Maka itu, ada beberapa sepeda motor yang dipasarkan di satu negara tertentu.

Cotohnya, skuter matik (skutik) Yamaha Qbix dari Thailand. Skutik dengan desain yang unik ini tidak dipasarkan di Indonesia.

Baca juga: Harga Skutik Bekas 110-125 cc Jelang Lebaran, Beat Rp 10 Jutaan, Freego Rp 15 Jutaan

Desainnya jauh dari kata agresif yang pada umumnya memiliki bentuk yang tajam dan sporty atau retro dengan bodi yang membulat. Desainnya justru lebih mengotak.

Yamaha QbixDok. Yamaha Yamaha Qbix

Maka itu, skutik ini dinamakan Qbix, yang kemungkinan besar diambil cari kata Cube (kubus).

Dengan bentuk yang unik tersebut, skutik ini dipadukan dengan warna-warna yang atraktif dan kontras. Sehingga, tampilannya jadi semakin menarik dan berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cek Harga Skutik 125 cc Yamaha di Surabaya per April 2021

Dimensinya juga tidak terlalu besar, panjangnya hanya 1.860 mm, tinggi 1.115 mm dan lebar 715 mm sampai 740 mm tergantung varian mana yang dipilih. Bobotnya juga masih terhitung ringan, antara 103 kg sampai 108 kg.

Bannya juga menggunakan diameter yang kecil, ukurannya 12 inci, baik ban depan maupun ban belakang.

Yamaha QbixDok. Yamaha Yamaha Qbix

Untuk urusan teknologi dan fitur, Qbix dibekali dengan lampu depan LED model bertumpuk. Di sisi kanan dan kirinya terdapat Daytime Running Light (DRL) model vertikal yang tipis. Lampu belakangnya juga sudah LED, tapi untuk lampu sein masih mengandalkan bohlam.

Terdapat pula sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) single channel untuk varian tertentu. Fitur Stop & Start System (SSS) juga dapat dijumpai pada Qbix. Hadir pula fitur Smart Key atau keyless dan Answer Back System.

Yamaha QbixDok. Yamaha Yamaha Qbix

Fitur-fitur lainnya, seperti power outlet, panel meter full digital, dan kapasitas bagasi mencapai 22,5 liter dan dapat membuat helm full face. Sebab, tangki bahan bakarnya ditempatkan di dek tengah, tidak di bawah jok.

Yamaha QbixDok. Yamaha Yamaha Qbix

Di sektor mesin, Qbix dibekali dengan mesin berteknologi Blue Core. Mesinnya menggunakan tipe SOHC, 4-tak, 2-katup, berpendingin cairan, dan berkapasitas 125 cc.

Yamaha QbixDok. Yamaha Yamaha Qbix

Mesinnya mirip dengan yang dipakai di FreeGo. Ukuran piston dan langkah pistonnya pun sama, yakni 52,4 mm x 57,9 mm. Begitu pula dengan rasio kompresi 9,5 : 1 yang juga sama. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 9,3 tk pada 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm pada 5.500 rpm.

Qbix hadir dengan tiga varian, yakni Qbix Standard yang harganya 54.400 baht (Rp 23,4 jutaan), Qbix S yang dibanderol 56.900 baht (Rp 24,5 jutaan), dan Qbix ABS dibanderol 68.000 baht (Rp 29,3 jutaan).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.