Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Skutik Serba Kotak Yamaha Qbix

Kompas.com - 16/08/2021, 13:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selera konsumen tiap negara bisa berbeda-beda. Maka itu, ada beberapa sepeda motor yang dipasarkan di satu negara tertentu.

Cotohnya, skuter matik (skutik) Yamaha Qbix dari Thailand. Skutik dengan desain yang unik ini tidak dipasarkan di Indonesia.

Baca juga: Harga Skutik Bekas 110-125 cc Jelang Lebaran, Beat Rp 10 Jutaan, Freego Rp 15 Jutaan

Desainnya jauh dari kata agresif yang pada umumnya memiliki bentuk yang tajam dan sporty atau retro dengan bodi yang membulat. Desainnya justru lebih mengotak.

Yamaha QbixDok. Yamaha Yamaha Qbix

Maka itu, skutik ini dinamakan Qbix, yang kemungkinan besar diambil cari kata Cube (kubus).

Dengan bentuk yang unik tersebut, skutik ini dipadukan dengan warna-warna yang atraktif dan kontras. Sehingga, tampilannya jadi semakin menarik dan berbeda.

Baca juga: Cek Harga Skutik 125 cc Yamaha di Surabaya per April 2021

Dimensinya juga tidak terlalu besar, panjangnya hanya 1.860 mm, tinggi 1.115 mm dan lebar 715 mm sampai 740 mm tergantung varian mana yang dipilih. Bobotnya juga masih terhitung ringan, antara 103 kg sampai 108 kg.

Bannya juga menggunakan diameter yang kecil, ukurannya 12 inci, baik ban depan maupun ban belakang.

Yamaha QbixDok. Yamaha Yamaha Qbix

Untuk urusan teknologi dan fitur, Qbix dibekali dengan lampu depan LED model bertumpuk. Di sisi kanan dan kirinya terdapat Daytime Running Light (DRL) model vertikal yang tipis. Lampu belakangnya juga sudah LED, tapi untuk lampu sein masih mengandalkan bohlam.

Terdapat pula sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) single channel untuk varian tertentu. Fitur Stop & Start System (SSS) juga dapat dijumpai pada Qbix. Hadir pula fitur Smart Key atau keyless dan Answer Back System.

Yamaha QbixDok. Yamaha Yamaha Qbix

Fitur-fitur lainnya, seperti power outlet, panel meter full digital, dan kapasitas bagasi mencapai 22,5 liter dan dapat membuat helm full face. Sebab, tangki bahan bakarnya ditempatkan di dek tengah, tidak di bawah jok.

Yamaha QbixDok. Yamaha Yamaha Qbix

Di sektor mesin, Qbix dibekali dengan mesin berteknologi Blue Core. Mesinnya menggunakan tipe SOHC, 4-tak, 2-katup, berpendingin cairan, dan berkapasitas 125 cc.

Yamaha QbixDok. Yamaha Yamaha Qbix

Mesinnya mirip dengan yang dipakai di FreeGo. Ukuran piston dan langkah pistonnya pun sama, yakni 52,4 mm x 57,9 mm. Begitu pula dengan rasio kompresi 9,5 : 1 yang juga sama. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 9,3 tk pada 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm pada 5.500 rpm.

Qbix hadir dengan tiga varian, yakni Qbix Standard yang harganya 54.400 baht (Rp 23,4 jutaan), Qbix S yang dibanderol 56.900 baht (Rp 24,5 jutaan), dan Qbix ABS dibanderol 68.000 baht (Rp 29,3 jutaan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com