Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Beli Pelek Original, Jangan Sampai Tertipu Barang Palsu

Kompas.com - 20/07/2021, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengganti pelek merupakan langkah awal yang bisa dilakukan ketika memodifikasi mobil. Dengan mengubah pelek saja, tampilan mobil bisa berubah total.

Ketika mau membeli pelek, harus lebih hati-hati dalam memilih produk. Jangan sampai tertipu penjual yang menawarkan pelek replika atau palsu, namun mengaku original dengan harga yang mahal.

Pelek replika sendiri sebenarnya dibuat mirip dengan versi original, namun dengan harga yang jauh lebih murah. Namun ada saja pedagang yang tidak jujur karena menjual pelek replika namun mengaku original.

Baca juga: Kerja Sama Mobil Listrik, Honda Terbuka untuk Membentuk Aliansi Baru

Pilihan pelek mobil replikaDOK. OTTOBAN INDONESIA Pilihan pelek mobil replika

Kevin Sulaeman, Chief Operation Officer Ottoban Indonesia akan memberikan tips bagaimana agar tidak tertipu ketika membeli pelek. Pertama, pembeli bisa mengecek lewat internet bagaimana bentuk pelek original yang diinginkan.

“Yang pasti customer harus cek dulu secara online, baik merek atau modelnya apa yang diinginkan,” ucap Kevin kepada Kompas.com, Senin (19/7/2021).

Kemudian ketika melihat peleknya secara langsung dan ternyata berbeda, bisa jadi pelek tersebut bukan original. Tips kedua adalah soal toko, menurut Kevin, pelek yang original tentu bisa didapatkan di berbagai toko pelek dan ban terpercaya.

Baca juga: Ini Efek Buruk Sering Gantung Helm di Spion Motor

“Misalnya pelek merek SSW itu jaringan dilernya banyak. Tapi kalau hanya dijual di satu toko itu saja, bisa juga dibilang bukan original,” kata Kevin.

Jangan sampai sudah mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli pelek original malah tertipu penjualnya. Mengingat harga pelek replika yang jauh lebih murah, tentu saja yang dirugikan tetap pembeli.

Pelek replika juga sebenarnya tetap bagus kualitasnya, terutama yang sudah lolos Standar Nasional Indonesia (SNI). Namun jangan sampai membeli pelek replika dengan embel-embel original dengan harga yang lebih mahal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com