Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dilakukan Saat Menghadapi Bus Mengebut di Jalan Tol

Kompas.com - 03/06/2021, 18:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi jalan tol di Indonesia yang semakin membaik tidak hanya dinikmati pemilik mobil pribadi saja, namun bus antar kota juga. Tidak jarang terlihat aksi bus yang mengebut di jalan tol.

Terkadang bus dengan kecepatan tinggi menyalip dari sisi kiri jalan, belum lagi ada juga yang agresif. Kadang sebagai pengemudi mobil yang lebih kecil, rasanya ingin membalas dengan kembali menyalip bus yang baru melintas.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, ketika bertemu bus yang agresif di jalan tol, harus lebih berhati-hati agar tidak terlibat kecelakaan dengannya.

Baca juga: Harga Baru Toyota Avanza dengan Diskon PPnBM 50 Persen

Bus AKAP Murni Jayamurnijayalovers Bus AKAP Murni Jaya

"Memerhatikan spion sehingga mengetahui kendaraan apa yang ada di belakang yang mendekat. Selain memastikan ada ruang untuk bus mendahului," kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (3/6/2021).

Dengan memberi jalan, pengemudi bisa terhindar dari tabrak belakang bus. Mengingat bus memiliki momentum yang besar, lebih baik segera menghindar daripada harus bersenggolan dengan bus.

Baca juga: Resmi Naik, Ini Harga Lengkap Daihatsu Rocky Mulai Juni 2021

Setelah itu, tetap jaga kecepatan dan konsisten di lajur sebelah kiri. Sony menyarankan agar pengguna mobil pribadi tidak berusaha mengejar dan jangan tancap gas agar tidak disalip bus karena justru bisa berbahaya.

“Ketika bus mendekat dan akan mendahului, pastikan ada atau beri ruang di samping sehingga potensi benturan bisa dihindari,” ucapnya.

Terakhir, jaga kemudi agar tetap seimbang dan tidak oleng. Bus yang ngebut memiliki efek angin yang besar dan akan sangat terasa dan mengganggu keseimbangan kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com