Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Tahu Fungsi Lain Alur pada Ban Motor

Kompas.com - 29/05/2021, 08:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBan motor merupakan satu-satunya bagian kendaraan yang menyentuh aspal. Oleh karena itu, ban memiliki peranan penting dalam menjaga motor tetap mendapatkan grip yang baik ke aspal.

Ban motor yang digunakan untuk harian biasanya memiliki alur atau kembangan. Setiap merek ban memiliki model kembangannya masing-masing. Fungsi utama dari kembangan ini adalah sebagai pembuangan air ketika berkendara di jalanan basah.

Dengan begitu, ban tetap mendapatkan cengkeraman ke aspal dan tidak selip ketika air dialirkan dengan baik. Namun selain untuk jadi jalur pembuangan air, ada fungsi lain dari kembangan yang ada di ban.

Baca juga: Begini Sikap yang Benar Ketika Menemukan Kendaraan Lawan Arah

Ban FDR Hover untuk dual purposeIstimewa Ban FDR Hover untuk dual purpose

Technical Service & Development Dept. Head ban FDR Jimmy Handoyo mengatakan, ada beberapa fungsi penunjang dari kembangan yang ada di ban, mulai dari kenyamanan, serta untuk gaya.

“Fungsi lain dari kembangan adalah untuk mengurangi panas dan noise saat ban bergesekan dengan aspal,” ucap Jimmy kepada Kompas.com, Jumat (28/5/2021).

Baca juga: Harga Bikin Bus Baru di Karoseri, Mulai Rp 400 Juta

Selain itu, Jimmy mengatakan kalau saat ini kembangan yang ada di ban menjadi elemen gaya. Oleh karena itu, saat ini semakin banyak ban dengan kembangan yang stylish namun tetap berfungsi sebagai saluran air keluar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com