Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Servis AC Mobil Secara Rutin

Kompas.com - 02/05/2021, 09:01 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Zaman sekarang hampir seluruh mobil baru telah dilengkapi dengan air conditioner (AC) sebagai fitur standar buat kenyamanan berkendara yang wajib ada.

AC memang bukanlah fitur utama yang berpengaruh langsung terhadap kekuatan kinerja mobil. Bukan juga fitur keamanan bagi penumpang. Namun AC menjadi salah satu kelengkapan penunjang kenyamanan dalam berkendara.

Komponen pada AC meliputi kompresor, kondensor, evaporator, expansion valve, dryer, air filter, dan motor fan. Semua komponen tersebut saling bekerjasama mengatur suhu dalam kabin mobil agar tetap dingin.

Baca juga: Mobil Tabrak Bagian Belakang Truk, Pahami Lagi Pentingnya Jaga Jarak Aman

Lantas, apakah AC jadi salah satu bagian mobil yang wajib untuk mendapatkan layanan servis rutin?

Didi Ahadi selaku Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, ada perawatan rutin yang wajib dilakukan untuk beberapa komponen AC mobil agar kinerjanya tetap optimal.

ac mobilKompas.com/Fathan Radityasani ac mobil

"Untuk mobil sekarang sudah dilengkapi dengan kabin air filter yang mencegah kotoran menempel ke evaporator sehingga bisa menimbulkan kebocoran atau kerusakan. Jadi yang harus dirutinkan ya pembersihan atau penggantian kabin air filter itu," kata Didi kepada Kompas.com, Sabtu (1/5/2021).

Baca juga: Punya Dimensi Lebih Compact, Senyaman Apa Kabin Daihatsu Rocky ?

Lalu perawatan kabin air filter sebaiknya dilakukan dalam jangka waktu berapa lama?

"Pembersihan kabin air filter sebaiknya dilakukan sekali setiap 10.000 kilometer. Atau jika memang sudah terlalu kotor lebih baik segera diganti," kata Didi lebih lanjut.

Ia pun menambahkan, acuan untuk mengetahui apakah kabin air filter sudah wajib untuk dibersihkan adalah ketika embusan angin dari blower sudah dirasa kurang kencang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com