Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Industri Kendaraan Bermotor Listrik Nasional Segera Beroperasi

Kompas.com - 27/01/2021, 15:25 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tengah berupaya untuk mendorong industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai berskala besar di dalam negeri bisa segera dioperasikan.

Pasalnya, kini pemerintah sedang melakukan pendekatan terhadap beberapa produsen baterai global guna mengembangkan industri terkait yang berkesinambungan, seperti Contemporary Amperex Technology Co. Ltd (CATL) dari China dan LG Chem Ltd asal Korea Selatan.

"Industri baterai lithium yang diolah dari kekayaan alam kita sendiri serta sekaligus industri mobil listrik dalam skala besar diupayakan agar segera beroperasi di negara kita, Indonesia," ujar Jokowi dalam MGN Summit 2021, Rabu (27/1/2021).

Baca juga: Jadi Program Kapolri, Ini Plus Minus Penerapan Tilang Elektronik

Ilustrasi baterai mobil listrik LG Chemhttps://www.caixinglobal.com/ Ilustrasi baterai mobil listrik LG Chem

Menurut Jokowi, ekosistem industri kendaraan listrik akan membuat Indonesia menjadi motor motor bagi perkembangan industri di masa depan. Sebab, ekosistem yang dibangun memiliki skala besar.

"Ini akan menjadi sebuah sinyal bahwa Indonesia akan menjadi motor bagi pengembangan industri masa depan yang berpengaruh dan disegani," tambahnya.

Pernyataan tersebut sejalan dengan laporan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menyatakan bila pengembangan industri baterai lithium di dalam negeri punya potensi untuk jadi industri baterai kendaraan listrik terintegrasi pertama di dunia.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Mesin Diesel, Ini Kelebihannya

Bahkan belum lama ini CATL dan LG Group telah menandatangani rencana investasi melalui Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) terkait pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

"CATL sudah tanda tangan 5,2 miliar dollar AS, LG 9,8 miliar dollar AS. Sebentar lagi yang akan kita teken ini adalah BASF sama Tesla," ungkap Kepala Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia di kesempatan terpisah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com