Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persaingan Tarif Bus Jakarta–Jepara, Kelas Eksekutif Rp 200.000-an

Kompas.com - 27/01/2021, 14:31 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus antarkota antarprovinsi (AKAP) saat ini memang mulai kembali diminati sebagai transportasi darat yang ekonomis. Infrastruktur jalan tol yang semakin baik membuat waktu tempuhnya semakin cepat.

Salah satu trayek yang ramai dengan bus-bus AKAP yang memiliki kelas pelayanan eksekutif adalah JakartaJepara, di antaranya ada PO New Shantika, PO Bejeu, PO Muji Jaya, dan PO Sahaalah.

Kompas.com akan merangkum apa saja fasilitas yang diberikan oleh setiap PO bus tersebut. Berikut juga berapa tarif dari tiketnya untuk menempuh Jakarta – Jepara.

Baca juga: Tol Kapal Betung Beroperasi, Bakauheni-Palembang Hanya 3,5 Jam

Bus AKAP PO MJPMinstagram/adiputro_official Bus AKAP PO MJPM

Pertama adalah PO Shantika dengan kelas layanan Suites Class. Memiliki total 21 kursi rebah yang disusun 1-1 yang menumpuk. Fasilitas yang didapatkan berupa port USB dan Audio Video On Demand (AVOD).

Kemudian untuk tarifnya, sebesar Rp 280.000 dan mendapatkan snack, servis makan, bantal dan selimut. Kelebihan dari model suites class memiliki kursi yang disekat, sehingga memberi kesan mewah ketika menaikinya.

Kemudian PO kedua adalah PO Sahaalah. PO ini baru saja memisahkan diri dari PO New Shantika dan memiliki gebrakan baru. Untuk trayek Jakarta – Jepara, PO Sahaalah menggunakan armada dengan susunan kursi 1-1-1 atau social distancing bus.

Baca juga: Roda Truk Copot di Jalan Tol, Ini Bahaya yang Sulit Diantisipasi

Kursinya pun cukup nyaman karena kaki bisa ditopang dengan sandaran kaki. Kemudian ada juga bantal dan selimut sebagai penunjang kenyamanan saat perjalanan. Bagi yang berminat, cukup siapkan uang Rp 250.000 sudah termasuk dengan servis makan.

Ketiga, ada PO Muji Jaya Putra Mandiri (MJPM) yang baru berumur satu tahun. PO ini memiliki armada-armada baru, seperti yang terkahir baru dirilis menggunakan body Jetbus 3+ SHD dengan kursi spesial buatan Hai Rimba Kencana.

PO MJPM memberikan tarif untuk trayek Jakarta – Jepara Rp 240.000. Fasilitas yang didapatkan berupa kursi dengan leg rest, ditambah bantal dan selimut, snack, servis makan.

PO MJPM juga terkenal dengan adanya pengumuman sebelum bus berangkat seperti di kabin pesawat.

Bus AKAP baru PO BejeuFACEBOOK.com/Prasetyo Alianto Bus AKAP baru PO Bejeu

Terakhir yaitu ada PO Bejeu dengan bus barunya yang bertajuk Privilege Cabin. Pada bus terbaru ini memiliki dua kelas pelayanan, Sultan Class dengan kursi 1-1-1 dan Royal Platinum Class dengan kursi 2-2.

Semua kursi yang ada di Privilege Cabin sudah dilengkapi dengan leg rest. Untuk Sultan Class dibanderol Rp 265.000 dan sedangkan Royal Platinum Class dihargai Rp 235.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com