Mengenal Lebih Dekat Mesin Diesel, Ini Kelebihannya

Kompas.com - 27/01/2021, 12:21 WIB
Mesin diesel V6 3.0L TDI. AutoguideMesin diesel V6 3.0L TDI.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara mesin kendaraan, konsumen otomotif akan langsung tertuju pada dua pilihan yaitu mobil dengan mesin diesel atau mesin bensin.

Pada bahasan otopedia kali ini tim redaksi Kompas Otomotif akan membahas mengenai mesin diesel pada mobil.

Seperti diketahui mesin diesel memang tidak sepopuler bensin (petrol engine) di Indonesia, tetapi kondisi ini tidak berlaku di Eropa.

Meski populasinya mulai dikendalikan, data British Society of Motor Manufacturing and Trader menunjukkan, kalau 50 persen mobil baru yang terjual di Uni Eropa bermesin diesel, bahkan di Prancis mencapai 70 persen.

Baca juga: Mengisi Udara Ban dengan Menyulut Api, Apakah Aman?

Mengutip Buntarto dalam bukunya “Pintar Servis Mesin Diesel”, jenis mesin ini sudah eksis sejak pertama kali ditemukan pada 1893 oleh Rudolf Diesel, yang patennya baru keluar pada 23 Februari 1983.

Namun, baru pada 1930 mesin ini diaplikasikan pada mobil penumpang, setelah disempurnakan oleh Charles F Kettering pada 1900.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski sama-sama memiliki sistem pembakaran dengan mesin bensin, diesel memiliki proses yang berbeda. Di mana tidak membutuhkan busi untuk meledakkan bahan bakar, tetapi karena gas bersuhu tinggi dikompresi oleh piston yang merapat.

Cara kerja mesin dieselteknik-otomotif.com Cara kerja mesin diesel

“Untuk menghasilkan pembakaran pada mesin diesel, hanya diperlukan campuran solar dan udara yang dikompresi. Karena kompresi yang tinggi inilah proses pembakaran pada mesin diesel terjadi,” ujar Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso Jakarta Utara Suparman kepada Kompas.com.

Kompresi yang tinggi tersebut juga menyebabkan mesin diesel memiliki getaran yang lebih besar dan suara lebih kasar daripada mesin bensin.

Namun, suara kasar mesin diesel perlahan bisa dikurangi lewat teknologi common rail, yang jamak ditemukan pada mesin diesel modern.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X