Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Servis Motor Listrik Gesits, Apa Saja yang Mesti Diganti?

Kompas.com - 08/12/2020, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Masih banyak pertanyaan dasar yang diajukan soal motor listrik. Salah satu yang paling sering ialah apakah motor listrik perlu servis seperti motor biasa.

Ray Goller, Divisi Custom Gesits Sukses Makmur (GSM) Sub Dealer Gesits Bali Pratama (GBP), mengatakan, pada dasarnya motor listrik bebas perawatan tak seperti motor bensin.

Baca juga: Gesits Sespan Dijual Rp 55 Juta

WIMA buka flagship store Gesits di Cawang, Jakarta Timur.                   Foto: Istimewa WIMA buka flagship store Gesits di Cawang, Jakarta Timur.

"Servis paling dua saja. Di Gesits itu kampas rem dan belt. Kalau kampas relatif seberapa banyak orang ngerem, sedangkan belt itu tiap 3.000 km," kata Ray kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

Selain lebih simpel, harga dua komponen tersebut cukup terjangkau. Ray mengatakan, untuk kampas rem seharga Rp 22.000 sedangkan belt sebesar Rp 139.000.

"Jadi servis hanya dua itu saja, kalau yang lain dipakai normal seperti bagian kelistrikan mestinya tidak ada masalah," kata Ray.

Baca juga: Gesits Bisa Custom Warna Sesuai Keinginan, Ini Biayanya

Motor listrik minim perawatan karena komponen pendukungnya tak banyak. Untuk penggerak, motor listrik hanya membutuhkan tiga komponen yaitu motor (dinamo), controller, dan baterai.

GesitsKOMPAS.com/Gilang Gesits

Ray mengatakan, Gesits memberikan garansi satu tahun untuk kelistrikan (dinamo, controller dan baterai). Serta peralatan lain yang menempel di motor.

"Selama tidak diacak-acak tidak dibuka dan dimodifikasi garansinya berlaku," kata Ray.

"Khusus buat baterai garansinya tiga tahun. Dalam tiga tahun baterai itu tidak rusak tapi kemampuannya turun, misalkan dari 10 persen jadi mungkin 80 persen," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com