Terkendala, Jadwal Peluncuran Nissan Leaf di Indonesia Mundur

Kompas.com - 08/12/2020, 07:22 WIB
Nissan Leaf di Karawang, Jawa Barat. Nissan Leaf di Karawang, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Nissan Motor Indonesia menyatakan bahwa kehadiran Nissan Leaf di pasar dalam negeri menemui beberapa kendala seiring perkembangan akibat pandemi virus corona alias Covid-19.

Awalnya, mobil listrik terlaris dari pabrikan Jepang itu direncanakan bisa meluncur pada kuartal IV/2020. Tapi jelang akhir tahun, kabarnya seperti timbul-tenggelam di samping kondisi perseroan yang mengalami gejolak.

"Banyak faktor (penundaan peluncuran) seperti kondisi pandemi, pembatasan aktivitas melalui PSBB, logistik, dan lain sebagainya," ujar Head of External and Government Affairs Nissan Motor Indonesia, Coki Panjaitan di Jakarta, Senin (7/12/2020).

Baca juga: Nissan Ungkap 4 Tantangan Mobil Listrik di Indonesia

Tes drive Nissan Leaf Tes drive Nissan Leaf

Kendati demikian, lanjut dia, sesuai dengan visi Nissan untuk mendorong mobilitas yang ramah lingkungan dengan kemajuan teknologi, Leaf akan hadir pada tahun depan.

"Model elektrifikasi Nissan akan terus berjalan khususnya di tahun 2021. Kemudian, Leaf akan datang tahun depan," kata Coki.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia berharap, pada peluncurannya nanti kondisi infrastruktur pendukung kendaraan listrik di Indonesia sudah lebih siap. Sebab, stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) kini ketersediaannya masih terbatas.

"Kita bisa lihat sendiri kondisi saat ini baru ada di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali. Khusus Jakarta sendiri, untuk wilayah Selatan terbilang aman tapi kawasan lainnya seperti Jakarta Pusat perlu ke PLN Disjaya (untuk pengisian daya secara cepat)," kata Coki.

"Jadi perkembangan infrastruktur ini juga sedang kami amati dengan serius," tambahnya.

Baca juga: Penumpang Travel Gelap Tak Perlu Dapat Asuransi, Ini Komentar Kemenhub

Baterai Mobil Listrik Nissan Leaf Foto: Wikipedia/H.Kashioka Baterai Mobil Listrik Nissan Leaf

Nissan Leaf sendiri kini telah mencetak rekor penjualan lebih dari 500.000 unit ke-59 negara sejak diluncurkan pada 10 tahun silam. Mobil punya basis produksi di Jepang, Amerika Serikat, dan Inggris.

Sejak generasi pertama Nissan Leaf hadir di pasaran, kendaraan nol emisi ini telah menerima banyak penyegaran, dan memasuki generasi kedua pada 2017 lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.