Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Ingin Perkuat Kolaborasi dengan Toyota Hingga 2025

Kompas.com - 13/11/2020, 18:51 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Reuters

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen kendaraan bermotor asal Jerman, BMW AG, berniat untuk memperkuat ikatan bisnis dengan Toyota Motor Corporation dalam upaya menghadirkan kendaraan bermotor ikonik dan ramah lingkungan.

Melansir Reuters, Kepala Eksekutif BMW Oliver Zipse mengatakan hubungan aliansi tersebut paling tidak akan dikuatkan hingga lima tahun mendatang atau 2025.

Adapun hasil dari kolaborasi ini nantinya bakal melahirkan mobil sport convertible dan sel bahan bakar alias mobil ramah lingkungan, termasuk di dalamnya teknologi hidrogen.

Baca juga: Kemenperin Buka Suara Tentang Rencana Tesla Buat Pabrik di Indonesia

Mobil BMW Z4 generasi ketiga terlihat saat peresmian di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019). Sedan sport itu mulai tersedia di semua jaringan penjualan BMW pada 26 April 2019 dan dibanderol Rp 1.459.000.000 belum termasuk pajak alias off the road.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Mobil BMW Z4 generasi ketiga terlihat saat peresmian di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019). Sedan sport itu mulai tersedia di semua jaringan penjualan BMW pada 26 April 2019 dan dibanderol Rp 1.459.000.000 belum termasuk pajak alias off the road.

"Aliansi yang saat ini mencakup kesepakatan kerja sama pada mobil sel bahan bakar dan pengembangan bersama mobil sport, harus berlanjut setelah 2025," kata Zipse pada suatu kongres bersama, Jumat (13/11/2020).

Menurut dia, mobil sel bahan bakar yang ditenagai hidrogen dapat memperoleh manfaat dari dorongan bersama oleh para pembuat kebijakan. Dorongan itu diperlukan untuk mempercepat industrialisasi produksi hidrogen.

Zipse juga mengungkapkan bahwa BMW sedang mencari cara untuk menghemat biaya dengan mengurangi portofolio modelnya.

"Termasuk, coupe, convertible, dan roadsters," tambah dia.

Baca juga: Ini Dampak Buruk Jika Oli Transmisi Matik Mengalami Overheat

Desain dinamis Toyota Supra yang mampu menarik perhatian sekitarKompas.com - AFH Desain dinamis Toyota Supra yang mampu menarik perhatian sekitar

Sebagaimana diketahui, salah satu produk terobosan atas kerja sama ini melahirkan Toyota GR Supra dan BMW Z4. Kedua pabrikan tersebut berbagi platform untuk menghadirkan mobil sport masing-masing.

Adapun aliansi BMW dan Toyota pertama kali diumumkan pada 2011, menjelang perhelatan Tokyo Motor Show 2011. Kala itu, mereka menyoroti pentingnya teknologi ramah lingkungan dalam industri otomotif serta biaya pengembangan powertrains.

BMW juga mengatakan bahwa mereka akan memasok Toyota dengan mesin diesel dan bersama-sama mengembangkan baterai mobil sebagai bagian dari aliansi teknologi yang komprehensif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com