Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Tahu Letak Dongkrak di Mobil?

Kompas.com - 10/11/2020, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Fungsi utama dongkrak adalah untuk mengangkat sebagian bodi mobil. Perkakas wajib di dalam mobil ini biasanya digunakan untuk memeriksa bagian bawah kendaraan atau mengganti ban yang kempis.

Meski terbilang sebagai alat bantu yang relatif jarang dipakai, bahkan beberapa pemilik mobil ada yang tidak pernah menggunakannya. Namun, penting untuk mengetahui posisi penyimpanannya di dalam mobil.

Baca juga: Lampu Mobil Halogen dan LED di Mata Keselamatan Berkendara

Pasalnya, banyak kejadian ban bocor secara tiba-tiba. Dalam keadaan darurat seperti itu, pengendara mobil terpaksa harus mengganti ban mobil sendiri.

Tentu proses penggantian ban serep akan menjadi lama jika lebih banyak menghabiskan waktu untuk mencari-cari dongkrak. Akan semakin tidak nyaman jika hal tersebut terjadi saat dini hari.

Bagasi mobil jadi bagian yang jarang diperhatikanDonny Bagasi mobil jadi bagian yang jarang diperhatikan

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, tempat dongkrak yang umum sekarang ada di bawah jok kursi depan penumpang dan ada yang di bagasi atau komprartemen bagian belakang kendaraan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kaca Mobil Terbuka Bisa Merusak AC?

“Tempat menyimpan dongkrak mobil juga tidak selalu sama dengan ban serep. Ada mobil yang menyimpan ban serep di bagian bawah bagasi, namun dongkraknya ada di bawa jok kursi depan penumpang,” ujar Didi belum lama ini kepada Kompas.com.

Dengan mengetahui posisi tempat menyimpan dongkrak, tentu akan mempercepat proses penggantian ban serep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com