Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Ruas Tol JORR Beroperasi Fungsional Jelang Libur Akhir Tahun

Kompas.com - 17/10/2020, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk optimistis sebagian dari dua ruas jalan tol yang termasuk ke dalam jaringan Jalan Tol JORR II akan beroperasi fungsional jelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Kedua jalan tol tersebut ialah Jalan Tol Serpong-Cinere dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran. Dengan kata lain, ruas itu sementara akan beroperasi secara gratis.

"Progres pembebasan lahan Jalan Tol Serpong-Cinere sudah 96 persen sedangkan konstruksinya 87,31 persen. Sementara Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sudah mencapai di atas 90 persen," kata Komisaris Utama Jasa Marga Yuswanda Arsyad Temenggung dalam keterangan resmi, Jumat (16/10/2020).

Baca juga: Jangan Panik, Lakukan ini Saat Mobil Alami Rem Blong

Tol JORR II Ruas Kunciran-SerpongDokumentasi Marga Trans Nusantara Tol JORR II Ruas Kunciran-Serpong

Adapun pengelola kedua ruas tersebut ialah kelompok usaha Jasa Marga yakni PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) untuk Jalan Tol Serpong-Cinere dan PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) untuk Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran.

Ayu menjelaskan, Jalan Tol Serpong-Cinere bakal memiliki total panjang 10,14 kilometer yang terdiri dari dua seksi, yakni seksi 1 Serpong-Pamulang (6,59 kilometer) dan seksi 2 Pamulang-Cinere (3,55 kilometer).

“Kami menargetkan untuk Seksi 1 Serpong-Pamulang beroperasi fungsional pada Desember 2020. Untuk Seksi 2 Pamulang-Cinere targetnya fungsional pada Januari 2021 dengan catatan seluruh lahan prioritas bisa dimaksimalkan untuk segera bebas,” ujar Direktur Utama PT CSJ Ayu Widya Kiswari.

Baca juga: Cara Operator Tol Cipali Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

Progres  Jalan Tol JORR II Ruas Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Ruas Cinere-SerpongDok. Jasa Marga Progres Jalan Tol JORR II Ruas Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Ruas Cinere-Serpong

"Ketika telah beroperasi penuh, Jalan Tol Serpong-Cinere akan melintasi wilayah Serpong (Jombang), Serua, Ciputat, Pamulang, dan Pondok Cabe/Cinere," lanjutnya.

Pada kesempatan sama, Direktur Utama PT JKC Agung Widodo berharap proses pembebasan lahan dan pembangunan konstruksi di Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran bisa selesai akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com