Jangan Panik, Lakukan ini Saat Mobil Alami Rem Blong

Kompas.com - 16/10/2020, 18:01 WIB
Rem mobil matik Stanly/OtomaniaRem mobil matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak terjadi kecelakaan yang disebabkan karena rem blong. Untuk mencegahnya, tentu harus melakukan perawatan secara rutin.

Namun, tak sedikit juga yang tahu bagaimana cara menghadapi situasi tersebut. Tindakan atau langkah-langkah apa yang harus diambil saat berada dalam kondisi itu.

Baca juga: Jakarta PSBB Lagi, Jangan Sampai Cakram Rem Mobil Berkarat

Kunci yang paling utama tentunya adalah jangan panik. Usahakan untuk tetap tenang dan kendalikan mobil ke arah yang sekiranha aman atau dapat menghentikan laju kendaraan.

Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.STANLY RAVEL-KOMPAS.com Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center, mengatakan, mengatasi mobil yang mengalami rem blong gampang-gampang susah.

"Selain jangan panik, bisa juga dengan mencoba menginjak pedal rem lagi karena kemungkinan rem mengalami vapor lock," ujar Marcell, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Marcell menambahkan, pengemudi juga bisa memanfaatkan engine brake secara bertahap dengan menurunkan transmisi. Sehingga, kecepatan mobil menjadi menurun.

Baca juga: Pakai Minyak Rem Mobil untuk Motor, Simak Syaratnya

"Jika mobil masih jalan juga, coba untuk menggesekkan mobil ke pembatas jalan atau apabila ada jalur penyelamat bisa digunakan," kata Marcell.

Pada mobil penumpang, kasus rem blong memang jarang terjadi. Apalagi, jika mobil rutin dirawat dan pengereman selalu diperhatikan.

Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik

Namun, bukan berarti kejadian rem blong bisa terhindar sama sekali. Bisa saja terjadi kebocoran pada sistem rem hirdolis karena faktor usia komponen.

Kasus rem blong lebih banyak terjadi pada kendaraan komersial, seperti truk atau bus. Sebab, kendaraan tersebut dioperasikan terus menerus dan jarang pengemudi atau pemilik bus atau truk melakukan inspeksi dengan benar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X