Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Seri 1250 dan R Nine T Kena Recall, Indonesia Aman?

Kompas.com - 16/06/2020, 16:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Motorrad resmi mengumumkan bahwa beberapa model dari produknya mengalami recall. Model tersebut dijual juga di Indonesia oleh PT Maxindo Moto Nusantara.

Disebutkan bahwa model yang terkena recall, antara lain R Nine T, 1250 GS, 1250 RT, 1250 R, dan 1250 RS. Penyebab recall karena adanya masalah di bagian as roda belakang.

Baca juga: Usai S1000XR, BMW Motorrad Siapkan F900R

Recall ini mencatatkan ada 440 motor yang diproduksi mulai 31 Oktober 2019 hingga 30 Januari 2020. Asosiasi federasi pengguna motor di Eropa menggolongkan recall ini sebagai "Produk dengan Risiko Serius".

BMW R 1250 GSIstimewa BMW R 1250 GS

"Terkait adanya karakteristik material yang tidak seharusnya, komponen dapat bersentuhan dengan jari-jari roda belakang. Ini dapat menyebabkan hilangnya kendali atas kendaraan, meningkatkan risiko kecelakaan," tulis pernyataan dari BMW Motorrad.

Tercatat recall ini terjadi pada motor yang dijual di Denmark dan Irlandia. Sedangkan untuk di Indonesia, Maxindo Moto menyebutkan belum ada pemberitahuan mengenai recall.

Baca juga: Motor Konsep Terbaru BMW Motorrad, Concept R 18 /2

"Sejauh ini, di kita tidak ada notifikasi dari pabrik untuk melakukan recall," ujar Joe Frans, CEO BMW Motorrad Indonesia, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Joe menambahkan, sejauh ini tidak ada masalah pada motor-motor BMW, yang disebutkan terkena recall, terjadi pada motor konsumen di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com