Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Perbedaan Teknis SUV Murah Suzuki XL7 dengan Ertiga

Kompas.com - 15/02/2020, 14:22 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya secara resmi meluncurkan XL7. Low SUV ini diketahui mengusung basis yang serupa dengan Low MPV Ertiga.

Kedua mobil menggunakan sasis modern yang bernama Heartect. Teknologi ini memungkinkan bobot rangka mobil bisa lebih ringan sekitar 10 persen dibanding sasis standar dengan dimensi yang sama.

Walaupun menggunakan basis yang sama, XL7 ternyata memiliki sejumlah perbedaan teknis dengan Ertiga.

Baca juga: Harga Resmi SUV Murah XL7 Lebih Terjangkau dari Honda BR-V

 

Suzuki XL7Stanly-Kompas.com Suzuki XL7

Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, mengatakan spesifikasi teknis XL7 dengan Ertiga agak berbeda. Secara detail, kedua mobil memiliki 211 komponen yang berbeda.

“Sebagai contoh, walaupun secara kasat mata tidak kelihatan, tapi desain tangki bahan bakarnya berbeda,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta (15/2/2020).

Di samping itu, karena diperuntukkan sebagai Low SUV yang lebih tangguh dan bisa mengakomodir berbagai kebutuhan, XL7 juga mendapat penyesuaian di bagian kaki-kaki.

Baca juga: SUV Murah Suzuki XL7 Resmi Mengaspal di Indonesia

 

Suzuki XL7Stanly-Kompas.com Suzuki XL7

Seperti diketahui, ground clearance Ertiga dari spek teknisnya setinggi 180 mm. Sedangkan XL7 ternyata lebih tinggi, mencapai 200 mm.

Perbedaan profil ban sepertinya juga mempengaruhi ground clearance kedua mobil. Dari data speknya, XL7 mengusung ban berukuran 195/60 R16, sementara Ertiga 185/65 R15.

“Kaki-kaki juga di-tune lagi sehingga sesuai dengan kebutuhan sebagai SUV. Jadi secara overall sudah kami pikirkan,” kata Dony.

Baca juga: SUV Murah 7 Penumpang, Suzuki XL7 Terinspirasi Grand Escudo

 

Suzuki XL7Stanly-Kompas.com Suzuki XL7

“Selain itu, BCM (Body Control Module) dan ECU kedua mobil ini sangat berbeda. Milik XL7 kami ganti BCM dan ECU-nya,” ucapnya.

Dari dimensinya kedua mobil juga berbeda. XL7 berukuran 4.450 mm x mm x 1.710 mm (PxLxT). Sementara Ertiga 4.395 mm x 1.735 x 1.690 mm (PxLxT).

Sedangkan urusan dapur pacu, kedua mobil ini mengusung mesin yang sama. Yaitu mesin K15B 1.462 cc bertenaga 104 ps dan torsi 138 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com