Masuk Kelas SUV Murah, Ini Target Jualan Suzuki XL7

Kompas.com - 15/02/2020, 13:19 WIB
SUV murah Suzuki XL7 KOMPAS.COM/STANLY RAVELSUV murah Suzuki XL7
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya resmi merilis XL7 di Indonesia, Sabtu (15/2/2020). Mobil berbasis Ertiga ini siap bersaing di segmen SUV murah alias low sport utility vehicle ( LSUV).

Lantas berapa target penjualan yang dipatok Suzuki untuk XL7 ? menjawab hal ini 4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra, menjelaskan bila targetnya berbeda dengan Ertiga.

"Kalau bicara Ertiga itu kan per bulanya sekitar 2.000 sampai 3.000, sementara XL7 ini 2.000-an unit per bulannya. Target market-nya 20 persenan," ujar Donny usai seremoni peluncuran di Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

Baca juga: Lebih Dekat dengan SUV Murah Suzuki XL7 [VIDEO]

Lebih lanjut Donny menjelaskan target market untuk XL7 juga berbeda dengan Ertiga. Untuk XL7 yang ada di kelas SUV murah, menurut Donny bila melihat dari tren sekitar 43 persen didominasi konsumen sudah memiliki mobil, sementara Ertiga hampir 80 persen first buyer.

SUV Murah Suzuki XL7KOMPAS.COM/STANLY RAVEL SUV Murah Suzuki XL7

Tak hanya itu saja, akibat bermain di segmen yang berbeda, otomatis karakteristik konsumenya juga beda. Ertiga mengacu pada tipikal konsumen yang mengejar fungsi dan rasional, sementara XL7 konsumen yang lebih emosinal dan fungsional.

"Konsumen Ertiga dan XL7 ini punya karakter yang berbeda, sama-sama mengejar fungsi tapi yang Ertiga lebih rasional sementara XL7 emosional.

Namun demikian, Donny tak menampik bila memang ada kemungkinan pergeseran konsumen Ertiga ke XL7. Apalagi dari segi harga bedanya tidak terlalu jauh.

Baca juga: Mengulik Detail Pemain Baru SUV Murah Suzuki XL7

Sementara itu, Makmur selaku 4W Sales Director PT SIS, menjelaskan dalam rangka menyambut 50 tahun Suzuki di Indonesia, pihaknya sudah menyiapkan program penjualan menarik bagi konsumen yang membeli XL7.

Mulai dari hadiah langsung berupa iPhone 11, sampai rangkaian program penjualan menarik lainnya.

Suzuki resmi luncurkan XL7Stanly-Kompas.com Suzuki resmi luncurkan XL7

"Kita berikan iPhone 11 langsung untuk konsumen yang beli Ertiga atau XL7, baik kredit dan tunai. Khusus XL7, kita kasih free servis sampai 50.000 km atau 30 bulan dan juga suku cadang. Dari penjualan kita juga punya beberapa program, mulai dari uang muka ringan, cicilan rendah, sampai tenor hingga 7 tahun," ucap Makmur.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X