Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Jok Berlapis Kulit Asli

Kompas.com - 23/08/2019, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelapis jok dari bahan kulit asli banyak digunakan di mobil-mobil premium. Namun, tak sedikit pemilik mobil lainnya yang juga menginginkan kenyamanan dan kemewahan kabin dengan mengganti pelapis jok mobil mereka dengan kulit asli.

Yussanto, Business Development Manger Lederlux, menjelaskan bahwa yang dimaksud kulit asli adalah pelapis jok dari bahan dasar kulit binatang, umumnya menggunakan kulit sapi.

Baca juga: Cara Membersihkan Lapisan Jok Kulit Sintetis dan Microfiber

"Kulit asli memang paling nyaman dirasakan dibanding dengan bahan lain. Akan tetapi, kurang kuat terhadap sinar ultraviolet. Dapat menjadikan warnanya pudar dan retak," ujar Yussanto, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Semprotkan obat pembersih ke bagian yang kotorKompasOtomotif Semprotkan obat pembersih ke bagian yang kotor

Yussanto menambahkan, kulit asli dapat lebih awet apabila ada perawatan yang intensif. Khususnya, di bagian yang sering diduduki, maupun yang terkena kotoran yang harus segera dibersihkan.

"Bahan pembersihnya ada yang berbentuk krim, ini biasanya mengandung minyak yang berfungsi sebagai perawatan kulit tersebut. Biasanya, meninggalkan bekas yang agak mengkilap," kata Yussanto.

Baca juga: Mengenal Ragam Pelapis Jok Mobil

Yussanto menjelaskan, alat-alat yang diperlukan antara lain, sikat halus, kain halus, dan lap plas chamois. Cairan pembersihnya bisa menggunakan yang model semprot atau krim.

Langkah pertama usap menggunakan plas chamoisKompasOtomotif Langkah pertama usap menggunakan plas chamois

"Untuk krim pembersih, colek secukupnya menggunakan jari atau langsung ke kain halus. Lalu, tempelkan pada bagian yang kotor. Setelah itu, gosok dengan menggunakan sikat yang halus," ujar Yussanto.

Selanjutnya, lap dan ratakan dengan bahan yang halus atau menggunakan lap plas chamois yang sudah disiapkan tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com