Cara Membersihkan Lapisan Jok Kulit Sintetis dan Microfiber

Kompas.com - 15/08/2019, 07:42 WIB
Ilustrasi jok sintetisStanly/Otomania Ilustrasi jok sintetis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelapis jok dengan bahan dasar kulit sintetis dan microfiber sekarang ini mulai banyak digunakan di mobil- mobil modern. Selain menambah kesan elegan, kedua bahan tersebut juga didesain untuk mudah perawatannya.

Yussanto, Business Development Manager Lederlux, menjelaskan, kesan elegan dan mudahnya perawatan memang menjadi keunggulan dari bahan kulit sintetis dan microfiber. Peralatan untuk membersihkannya juga tidak banyak.

Baca juga: Mengenal Ragam Pelapis Jok Mobil

Cukup sediakan sikat gigi bekas yang kondisinya masih cukup bagus, kain katun atau kaos bekas yang sudah tidak terpakai atau busa, lap chamois, dan cairan pembersihnya. Untuk cairan pembersihnya, bisa dicari di toko perkakas atau supermarket.

Semprotkan obat pembersih ke bagian yang kotorKompasOtomotif Semprotkan obat pembersih ke bagian yang kotor

"Sebaiknya, cari cairan pembersih yang model semprot atau spray. Untuk mempermudah dan mempercepat proses perawatannya," ujar Yussanto, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Yussanto menambahkan, selanjutnya semprotkan cairan pembersih tersebut ke semua permukaan jok, terutama bagian yang kotor. Lalu, diamkan kurang lebih satu menit.

Baca juga: Cara Mudah Bersihkan Jok Mobil dari Fabric

"Setelah itu, gosok dengan cara berputar menggunakan sikat gigi. Fungsinya agar kotoran halus yang masuk di sela-sela emboss kulit bisa terjangkau oleh bulu sikat tersebut," kata Yussanto.

Selanjutnya, gunakan kain katun atau busa untuk mengelapnya. Ulangi proses di atas sekali lagi. Terakhir, gunakan lap chamois agar sisa air dan kotoran bisa langsung terserap.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X