Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Gesits Manfaatkan Baterai Bekas

Kompas.com - 26/04/2019, 19:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada motor listrik, seperti Gesits, baterai menjadi sumber tenaga untuk menggerakan motor elektrik. Tak sedikit pihak-pihak yang mempertanyakan bagaimana PT Gesits Technologies Indo (GTI) mengelola baterai bekas dari skuter listrik ini.

Gesits dibekali baterai Lithium NCM berkapasitas hingga 3 kWh. Baterai tersebut mampu dipakai menjelajah hingga 100 kilometer tiap satu kali pengisian daya.

Baca juga: Gesits Sudah Bisa Dipesan, Harga Rp 24,95 Juta

Harun Sjech, CEO PT GTI, mengatakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan beberapa pihak untuk mengelola baterai bekas Gesits.

Baterai dari skuter listrik Gesits.Donny Dwisatryo Priyantoro Baterai dari skuter listrik Gesits.

“Kita kerja sama dengan LG Chem, mereka yang akan mengelola baterai bekas dari Gesits. Kita juga kerja sama dengan beberapa universitas untuk pengolahan limbah tersebut,” terang Harun, saat peluncuran Gesits di ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Baca juga: Gesits Pasang Target Produksi 25.000 Unit Tahun Ini

Harun juga menambahkan, baterai bekas dari Gesits ini masa pakainya cukup lama dan masih bisa dimanfaatkan untuk yang lain.

“Baterai ini masih bisa dimanfaatkan untuk sistem energi surya, karena enggak benar-benar habis. Jadi, first cycle di motor listrik, second cycle untuk keperluan yang lain. Jadi, sebenarnya lama sekali waktu pemakaiannya, bisa sampai sepuluh tahun,” kata Harun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com