Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Cortez Turbo Adopsi Mesin Almaz

Kompas.com - 23/04/2019, 09:24 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SENTUL, KOMPAS.com - Wuling Motors Indonesia merilis Cortez CT dengan mesin berkubikasi 1.500 cc Turbo. Mesin tersebut tak lain yang digunakan juga oleh sport utility vehicle (SUV) terbarunya, yakni Wuling Almaz.

Menurut Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko, meski menggunakan mesin yang sama dengan Almaz, tapi tetap ada perbedaan dari segi setelan yang diterapkan mengingat Cortez datang sebagai sebuah mobil keluarga yang lebih mengutamakan kenyamanan.

"Dasarnya kita memang mengambil dari mesin Almaz, tapi tetap kita sesuaikan lagi terutama soal mapping ECU yang kita bedakan, selebihnya soal peak horse power dan torsinya itu sama karena kita sesuaikan dengan Cortez sebagai MPV," kata Danang di Sentul, Jawa Barat, Sanin (22/4/2019).

Baca juga: Wuling Kenalkan Cortez Turbo dan Confero ACT

Wuling Cortez CT bermesin Almaz Wuling Cortez CT bermesin Almaz

Untuk ukuran performanya, Danang mengatakan Cortez kini jauh mengalami peningkatan. Menggunakan mesin Almaz, otomatis tenaganya pun setara, yakni 140 tk dengan torsi maksimum mencapai 250 Nm.

Tidak hanya itu, transmisi pun tak lagi menggunakan i-AMT, namun sudah diganti dengan sistem transmisi CVT delapan percepatan yang membuat Cortez CT naik kelas.

Walau soal harga Wuling masih menahan hingga gelaran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) nanti, tapi Brand Manager Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani, memastikan bila Cortez CT akan menjadi varian tertinggi di keluarga medium Cortez tanpa menggeser model 1.800 cc nya.

Wuling Cortez CT (Turbo) Wuling Cortez CT (Turbo)

"Iya, Cortez CT akan jadi varian atas, jadi ini kita hanya menambah varian saja, bukan berati kedarangan varian baru lalu mematikan model sebelumnya. Untuk Cortez 1.8L tetap akan kita pasarkan," ucap Dian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com