Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Hyundai di Indonesia Bakal Produksi Mobil Medium

Kompas.com - 01/04/2019, 17:02 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar Hyundai untuk membangun pabrik di Indonesia ternyata bukan sekadar isu belaka. Bahkan saat pihak Hyundai Motor Company (HMC) selaku prinsipal pun sudah berkantor di Jakarta.

Deputy Marketing Director Hyundai Mobil Indonesia (HMI) Hendrik Wiradjaja, menjelaskan bila untuk pabrik Hyundai di Indonesia saat ini masih dalam tahapan proses. Namun untuk detail sampai mananya, Hendrik mengatakan pihaknya belum mendapat informasi lebih lanjut.

"Pabrik saat ini masih on process, on progress. Setiap hari selalu ada progresnya, tetapi kami di Hyundai Indonesia ini tidak mengetahui secara detail, karena itu lebih banyak ke (bagian) strategic. Yang pasti HMC terus jalan, bahkan mereka juga sudah berkantor di Indonesia, timnnya juga sudah ada," ujar Hendrik kepada media di Jakarta, Senin (1/4/2019).

Baca juga: Hyundai Luncurkan Varian Tertinggi Santa Fe di Indonesia

Hendrik juga membenarkan bila ada wacana dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang menyebutkan bila pabrik Hyundai di Indonesia nantinya akan mulai beroperasi pada 2020 mendatang. Dengan demikian, otomatis saat ini proses pembangunannya sudah mulai berjalan.

Interior Hyundai H-1 Royale CRDi Interior Hyundai H-1 Royale CRDi
Ketika ditanyakan soal produk apa yang akan diproduksi, Hendrik menjelaskan bila HMC akan mengarah pada kendaraan-kendaraan medium. Kondisi ini dikarenakan pasar di segmen medium yang ada di Indonesia cukup potensial.

"HMC nanti akan melihat pasar mana yang besar, kalau dibilang untuk segmen medium, memang yang terbesar di Indonesia, jadi kemungkinan HMC arahnya akan ke sana. Untuk modelnya bisa SUV atau MPV," kata Hendrik.

Baca juga: Pabrik Mobil Hyundai di Indonesia Juga Produksi Mobil Listrik

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Reuters.com menulis bila Hyundai telah menyiapkan dana investasi sebesar 880 juta dollar Amerika Serikat untuk proyek pembangunan pabriknya di Indonesia. Bahkan nanti, pabrik tersebut juga akan di jadikan basis produksi Hyundai untuk diekspor ke berbagai negara lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com