Pabrik Mobil Hyundai di Indonesia Juga Produksi Mobil Listrik

Kompas.com - 21/12/2018, 14:22 WIB
All New Hyundai Santa Fe All New Hyundai Santa Fe
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar Hyundai Motor Corporation (HMC) akan membuat pabrik di Indonesia semakin gencar. Bahkan pabrikan asal Korea Selatan ini telah menyiapkan dana investasi sebesar 880 juta dollar Amerika Serikat yang juga akan digunakan untuk produksi kendaraan listrik di Tanah Air.

Dilansir dari Reuters.com, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Harjanto, mengatakan pabrik Hyundai yang berafiliasi dengan Kia Motors tersebut memiliki target untuk memproduksi 250.0000 unit mobil per tahun, termasuk untuk mobil listrik.

Indonesia dinilai memiliki potensi karena memiliki cadangan biji nikel laterit yang cukup banyak. Komponen tersebut sangat penting untk memproduksi baterai lithium yang digunakan pada mobil listrik.

Baca juga: Hyundai Siap Produksi SUV dan Mobil Kota di Indonesia

Dari jumlah produksi tersebut, dikabarkan 53 persen produknya dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar eksport. Sementara untuk pasar domestiknya sendiri diproyeksikan hanya 47 persen.

Saat mengkonfirmasikan hal ini ke Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia Hendrik Wiradjaja, membenarkan bila pihak prinsipal telah bertemu dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pekan lalu.

Hyundai FCEV generasi kedua.auto.ndtv.com Hyundai FCEV generasi kedua.
Namun demikian, untuk kabar kepastian pabrik, produksi mobil listrik, dan masalah investasi sampai saat ini diklaim Hendrik belum ada pengumuman resmi dari HMC.

"Minggu lalu memang sempat bertemu, tapi kami sendiri belum dapat info kelanjutannya seperti apa. Untuk update terakhir yang kami dapat saat ini sedang tahap negosiasi lahan untuk membangun pabrik di area Jawa Barat. Kalau negosiasinya berhasil, otomatis 2019 nanti mulai proses pembangunan," ucap Hendrik kepada Kompas.com, Jumat (21/12/2018).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X