Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Jadinya Tarik “Handbrake” Elektronik pada 193 kpj (Video)

Kompas.com - 29/09/2018, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Carscoops

JAKARTA, KOMPAS.com – Jenis rem parkir (rem tangan) yang umum digunakan saat ini, ditarik dengan tangan, pada beberapa segmen mobil mulai digeser keberadaanya, dengan rem tangan elektronik (electronic handbrake).

Terkait dengan teknologi electronic handbrake tersebut, salah satu presenter Top Gear, Chris Harris, ingin mengetahui apa yang akan terjadi jika rem jenis ini punya respons yang sama, dibanding dengan rem tangan yang masih manual. Kali ini mereka menggunakan mobil Volkswagen Golf R facelift.

Masih belum selesai, dalam pengetesan, Harris ingin membuktikannya pada kecepatan 120mph (193kpj). Kemudian, apakah dengan jenis teknologi ini, mobil bisa diajak bersenang-senang misalnya berakselerasi dan melakukan drift-drift kecil.

Baca juga: Top Gear Kembali Rombak Host

Top Gear membuka audisi untuk presenter, menggantikan James May dan Richard Hammond.Top Gear Top Gear membuka audisi untuk presenter, menggantikan James May dan Richard Hammond.

Berdasarkan video singkat dari akun Top Gear berdurasi 1 menit 52 detik, tampak kalau mobil yang dipacu kencang kemudian ditarik tombol electronic handbrake, mobil tak ngepot, tapi secara bertahap dan perlahan-lahan mobil berhenti.

Ini berbeda dengan mobil dengan tuas rem parkir manual dan jadul. Ketika terjadi sesuatu seperti bencana alam, Pada kecepatan segitu bahkan dan rem tangan ditarik bisa terguling. 

Agar lebih puas, simak videonya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com