Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Ringan Isuzu Elf Sudah Bermesin “Common-Rail”

Kompas.com - 11/08/2018, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – PT Isuzu Astra Motor Indonesia resmi perkenalkan Isuzu Elf NMR 81 yang sudah bermesin “common-rail”. Ini diklaim menjadi truk ringan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi tersebut.

Common-rail sendiri merupakan sistem yang mengelola dan menyemprotkan bahan bakar ke dalam jantung mekanis diesel. Memang teknologi ini punya banyak keunggulan dibanding konvensional, salah satunya rendahnya emisi.

Ini sebagai dukungan juga terkait rencana pemerintah Indonesia, menurunkan emisi sebesar 29 persen pada 2030 atau 41 persen dengan bantuan internasional. Salah satu upayanya lewat penerbitan regulasi emisi baru Euro IV, di mana berlaku untuk yang berbahan bakar Diesel pada 2021.

Baca juga: Isuzu Dandani mu-X dan D-Max di GIIAS

“Isuzu sangat mendukung Euro IV, kami mulai dengan hadirnya Isuzu GIGA sebagai kendaraan medium truk pertama yang menggunakan mesin common-rail, kami lanjutkan dengan Isuzu Elf NMR 81,” ujar Ernando Demily, President Director IAMI dalam siaran resminya, Jumat (10/8/2018).

Truk ringan enam roda milik Isuzu, bisa masuk di segmen mobilitas niaga di bidang mining, quarrying, agriculture, forestry, fishing, dan construction.

Soal jantung pacu Elf punya new engine 4HL1- TC, dilengkapi dengan injection common-rail (145-1600MPa). Tenaga yang dikeluarkan mencapai 150 PS. Transmisinya 6-percepatan, dan dikawal suspensi depan dan belakang menggunakan multi leaf spring, diklaim mampu membawa muatan banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com