Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ertiga Generasi Anyar Mulai Diekspor September 2018

Kompas.com - 10/08/2018, 12:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Suzuki All New Ertiga mulai September 2018 akan diekspor ke 20 negara di dunia. Target per tahun diharapkan bisa mencapai 12.000 unit yang dikirim dari Indonesia secara utuh alias completely built up/CBU.

Domu Arisanto, Assistant to Head of 4W & Marketing PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mengatakan bahwa, negara tujuan ekspor itu seperti ke ASEAN hingga Amerika Latin, mulai Barbados, Kolumbia, Uruguay, Meksiko, Thailand, Brunei Darussalam, hingga Jepang.

"Target tersebut juga tidak akan penuh 12.000, mengingat kita baru mulai ekspor saja pada September 2018," kata Domu di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (9/8/2018).

Sepanjang semester pertama 2018, performa ekspor CBU New Ertiga juga cukup bagus, yaitu meningkat 37 persen atau 6.399 unit. Sementara tahun lalu, periode yang sama hanya 4.671 unit.

Baca juga: Rapor Ekspor Suzuki pada Semester Pertama 2018

Pabrik Suzki Indomobil Sales di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, diresmikan Jumat (29/5/2015).KompasOtomotif-Agung Kurniawan Pabrik Suzki Indomobil Sales di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, diresmikan Jumat (29/5/2015).

Jika dibandingkan dengan total keseluruhan ekspor Suzuki, New Ertiga berkontribusi 25,5 persen.

Sementara itu, menurut Hady Surjono Halim, Departemen Head of Export PT SIM pemerintah juga sedang menyiapkan insentif berupa tax holiday, tax allowance, dan super deduction guna mendorong ekspor, terutama dalam industri otomotif.

"Untuk mendukung itu, kami juga makin giat melakukan berbagai persiapan matang dan berhasil melampaui target ekspor pada semester pertama 2018 ini," ujar Hady.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com