Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sokonindo Mau Ekspor SUV dan Pikap Mulai 2019

Kompas.com - 24/07/2018, 07:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrik PT Sokonindo Automobile yang memiliki kapastias perakitan 50.000 unit per tahun, bukan hanya untuk pasar domestik saja. Merek otomotif asal China itu menargetkan tahun depan sudah mulai ekspor.

Langkah awal, negara-negara di ASEAN yang dituju seperti Thailand dan Vietnam untuk tahap pertama. Model yang akan dikirim ke luar negeri, yaitu sport utility vehicle (SUV) Glory 580 dan pikap.

"Jadi kita dalam strategi ke depan ini akan membangun basis di Indonesia, kemudian kita mulai ekspor. Awal 2019 dimulai ke Thailand dulu" ujar Alexander Barus, CO-CEO PT Sokonindo Automobile (DFSK) pekan lalu di Jakarta Selatan.

Alexander menjelaskan, secara komposisi akan lebih banyak Glory 580 ketimbang pikap. Target SUV untuk pasar luar negeri sekitar 70 persen, sedangkan pikap 30 persen. Tetapi jumlah tersebut sangat fleksible, tergantung kondisi pasar.

Baca juga: DFSK Glory 580 Sudah Berstandar Emisi Euro IV

"Sementara kita targetkan itu dulu, selebihnya kita melihat dulu kondisinya seperti apa," kata Alexander.

Pabrik Sokonindo itu sendiri punya luas 20 hektar dan investasi yang digelontorkan pun cukup tinggi, yaitu Rp 150 juta dollar Amerika Serikat (AS).

Bahkan, masih bisa ditingkatkan lagi sampai Rp 300 juta dollar AS untuk membangun fasilitas tempat perakitan mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com