Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tinggal Mitsubishi Delica

Kompas.com - 04/08/2018, 09:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Lama tidak mendapatkan penyegaran, ternyata kendaraan multi guna (MPV) Mitsubishi Delica sudah tidak lagi dipasarkan di Indonesia. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memutuskan untuk tidak lagi menjual produk MPV tersebut.

"Terus terang untuk Delica stok di MMKSI sudah habis stoknya dan kami mempelajari permintaannya tidak terlalu tinggi dan effort-nya besar, jadi saat ini kami tidak lagi mengimpor kendaraan tersebut," ucap Head of MMC Sales and Marketing Group PT MMKSI Imam Choeru Cahya dalam konferensi pers, Jumat (3/8/2018).

Imam mengungkapkan, keputusan tidak melakukan impor ini sudah dilakukan sejak tahun lalu, dan tahun ini sama sekali tidak membawa MPV tersebut. Dari data Gaikindo, Mitsubishi sempat menjual Delica pada Januari sebanyak 25 unit, Februari 1 unit, Maret, April dan Mei 0 Unit serta Juni 2 unit.

Imam menjelaskan penghentian impor Delica hanya dilakukan di Indonesia saja. Konsumen yang ingin produk tersebut sudah tidak dapat lagi melakukan pemesanan. Meski demikian MPV tersebut masih diproduksi Mitsubishi dan dijual untuk pasar domestik Jepang.

Baca juga: Mitsubishi Mau Stop Jualan Delica di Indonesia?

"Jadi untuk kesediaan suku cadang dan layanan purna jual masih aman. Suku cadang kami datangkan dari Jepang," ujar Imam.

Delica pertama hadir pada tahun 2014. Sempat terjual 404 unit di tahun 2015, angka penjualannya terus menurun hingga tahun lalu hanya tercatat 171 unit. Tahun ini wholesalenya hanya di angka 28 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com