Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jualan Xpander Turun di Juni 2018

Kompas.com - 18/07/2018, 10:43 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk kendaraan multiguna Mitsubishi, Xpander, Juni 2018 angka distribusinya mengalami penurunan dibandingkan rivalnya Avanza.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Xpander mencatatkan angka 3.279 unit sedangkan Avanza berhasil mencatatkan 4.648 unit.

Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncora menjelaskan kondisi distribusi di Juni 2018 adalah kondisi yang normal. Ia mengungkapkan kondisi tersebut bukan kondisi pasar yang sebenarnya.

"Juni bukan real market. Di Juni kan ada lebaran, seasonal," ucap Irwan saat ditemui di Serang, Banten, Selasa (17/7/2018).

Irwan mengungkapkan di bulan tersebut kondisi yang mempengaruhi seperti hari kerja yang jadi lebih pendek serta ada pembatasan dalam hal pengiriman. Itu sebabnya kondisi Juni tidak dapat menggambarkan permintaan atau penjualan yang sesungguhnya.

Baca juga: Ini Penyebab Harga Xpander dan Pajero Naik

"Juni itu penurunannya sebesar 30 sampai 40 persen. Wajar ya. Rata-rata wholesale di 6.000 unit. Kami yakin akan kembali normal pada Juli," ucap Irwan.

Irwan mengungkapkan kondisi kejar-kejaran bagi produsen adalah satu hal yang wajar.

"Tapi merupakan satu keberhasilan kala kita mampu bersaing di posisi atas. Kita pendatang baru, challenger. Mereka sudah pemain lama sudah cukup kuat," ucap Irwan.

Capaian Xpander selama semester pertama tercatat memuaskan dengan berada di posisi terdepan menggenggam 30,02 persen market share atau mencapai 39.948 unit. Avanza tercatat dengan perolehan 39.455 unit ata sekitar 29,65 persen market share.

LMPV Semester I/2018 (diolah dari data Gaikindo).KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI LMPV Semester I/2018 (diolah dari data Gaikindo).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com