Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza Mampu Salip Xpander Lagi?

Kompas.com - 05/06/2018, 07:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Mitsubishi Xpander kini menjadi pemimpin disegmen low multipurpose vehicle (LMPV).

Total penjualan periode Januari-April 2018 mencapai 29.069 unit. Hasil tersebut sekaligus menyingkirkan Toyota Avanza yang selama ini selalu mendominasi pasar.

Sementara penjualan Avanza dalam empat bulan pertama tahun ini baru mencapai 28.330 unit atau lebih unggul Xpander sekitar 739 unit.

Berbeda dengan bulan lalu, menurut Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, secara ritel (diler ke konsumen) untuk Mei 2018 terjadi peningkatan sekitar 30 persen atau mencapai 9.438 unit.

Baca juga: Inden Lama Bikin Konsumen Xpander Berpikir

"Kami inginkan Avanza momentumnya bisa terus ampai akhir tahun, semoga dengan apa yang diberikan bisa memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia," ujar Henry dalam acara buka bersama media di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (4/6/2018) malam.

Henry melanjutkan, peningkatan penjualan pada bulan lalu itu juga sebagai bukti bahwa Avanza masih tetap diminati konsumen meskipun pilihan serta persaingan yang begitu ketat di segmen tersebut.

"Kami juga percaya kalau Avanza terus diminati konsumen. Untuk mengomentari model lain, saya tidak mau berkomentar, begitu juga dengan pasar di kelas itu," kata Henry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com